Yang Harus Ada Pada Desain Kitchen Set Untuk Dapur Kecil

Wednesday, November 30th 2016. | Dapur Minimalis

desain kitchen set untuk dapur kecil picDesain Kitchen Set Untuk Dapur Kecil Untuk Anda yang hanya memiliki rumah dengan ukuran kecil seperti pada hunian tipe 21 sampai kisaran tipe 36, biasanya memang terpaksa hanya bisa memiiki dapur dalam ukuran kecil. Dengan ruang sangat terbatas, akan cukup sulit untuk bisa menentukan desain kitchen set untuk dapur kecil yang tepat dan sesuai.

Ada dua problem yang perlu Anda satukan di sini, yakni ukuran yang terbatas dan kebutuhan akan dapur yang memadai. Anda hanya memiliki ruang yang ukurannya bisa jadi tak lebih dari panjang 2 meter dan lebar 2,5 meter. Sedang Anda juga tetap membutuhkan lokasi yang aman dan nyaman untuk Anda memasak dan menyiapkan sajian.

Untuk itu, Anda perlu memilah, kebutuhan ruang dan perangkat paling dasar apa yang penting dan harus tersedia pada dapur kecil Anda. Ini akan membantu Anda memahami kebutuhan ruang Anda dan menyesuaikan dengan kapasitas yang ada. Dan berikut adalah bagian paling penting dan harus ada dalam sebuah dapur berukuran kecil.

  1. Area kompor
    Meski hanya dengan kompor 2 tungku berukuran kecil, Anda jelas membutuhkan sebuah kompor untu aktivitas Anda memasak. Sebuah kompor gas dua tungku yang setidaknya panjangnya mencapai kisaran antara 60 sampai 70 cm saja. Berkaitan dengan keberadaan kompor gas, Anda membutuhkan setidaknya ruang kecil di sisi bawahnya yang menjadi area simpan tabung gas. Pastikan lokasinya cukup aman, mudah dijangkau dan tidak menyulitkan untuk Anda mengeluarkan, memasukan tabung termasuk memudahkan Anda untuk menghubungkan tabung dengan selang gas. Biasanya ketika Anda memasak, Anda akan menyebabkan sejumlah bahan menciprat keluar dari panci atau wajan dan mengakibatkan dinding yang berada tepat di belakang kompor menjadi kotor. Anda bisa menutup dinding pada sisi ini dengan keramik sehingga membuatnya lebih mudah Anda bersihkan. Atau lapisi dengan wallpaper khusus dapur yang juga berfungsi sama dan tahan panas. Untuk Anda dengan dana lebih tambahkan dengan mesin khusus penyedot udara yang Anda pasangkan pada sisi atas kompor. Perangkat ini cenderung mahal jadi kadang bisa digantikan dengan kipas angin yang Anda pasangkan terbalik ke arah luar. Keberadaan mesin ini membantu mencegah aroma masakan berputar dalam ruangan.
  2. Ruang cuci
    Mudah sekali menandai area ini karena adanya keberadaan wastafel di dalamnya. Di sini Anda pastikan posisi wastafel cukup jauh dari kompor karena kadang cipratan airnya akan menganggu lajunya gas dan mengganggu kestabilan api. Pastikan juga Anda memberinya ruang luas di sisinya untuk memudahkan Anda meletakan piring kotor dan piring besih. Gunakan keran dengan model panjang sehingga air yang turun dari keran tidak bercipratan ke daerah lain.
  3. Ruang persiapan
    Anda membutuhkan area khusus pada dapur untuk Anda memotong sayuran, meracik dan dan menyiapkan bumbu. Area ini harusnya cukup luas untuk meletakan sejumlah wadah dan talenan. Setidaknya berada dalam ukuran panjang sekitar 50 sampai 80 cm. Area ini sebaiknya Anda letakan persis di sisi area kompor supaya memudahkan Anda untuk memasukan sayuran dan bahan masakan ke dalam panci atau wajan tanpa menyebabkannya tumpah. Lokasinya juga sebaiknya dekat dengan wastafel untuk memudahkan Anda untuk mencuci.
  4. Area rak piring
    Ini adalah salah satu bagian wajib lain dari sebuah desain kitchen set untuk dapur kecil. Area ini bisa Anda buat pendek dan Anda satukan lokasinya dengan fungsi lain. Atau Anda pilih jenis rak piring besar yang berdiri terpisah dari dapur. Ukuran dan bentuk dari rak piring ini sepenuhnya bergantung pada kebutuhan Anda. Semakin banyak perangkat makan dan perangat masak Anda semakin besar rak piring yang Anda butuhkan. Kadang Anda juga membutuhkan area rak tambahan atau gantungan untuk menyimpan wajan dan panci dengan lebih teratur. Tambahkan juga sebuah wadah untuk penyimpanan sendok garpu juga sebuah rak atau gantungan lain untuk penyimpanan gelas, serok dan sendok sayur.
  5. Area bumbu
    Area ini menjadi lokasi dimana Anda menyimpan deretan bumbu siap pakai seperti kecap, saos dan lain sebagainya. Satukan area ini pada satu bagian dan mudahkan areanya untuk Anda jangkau selagi Anda berhadapan dengan kompor. Anda bisa meletakan rak atau ambalan khusus yang ditempatkan tak jauh dari keberadaan kompor sebagai lokasi area bumbu. Karena bahan dan bumbu – bumbu ini paling Anda butuhkan ketika Anda sedang memasak.
  6. Area simpan
    Anda juga membutuhkan area simpan dimana Anda akan menyimpan berbagai bahan makanan, gula, simpanan bumbu dan lain sebagainya. Area ini bisa Anda letakan tepat di atas area persiapan, area bumbu dan area cuci. Sebenarnya kebutuhan kapasitas dari area simpan ini bisa jadi sangat besar. Tetapi akan lebih baik Anda adaptasi dulu dengan keterbatasan ruang, sehingga tidak membuat dapur terkesan terlalu penuh dan sesak oleh rak dan kabinet dapur.

Itulah beberapa bagian yang perlu Anda sediakan dalam sebuah desain kitchen set untuk dapur kecil. Pastikan kebutuhan mendasar ini bisa Anda sediakan pada dapur Anda sekecil apapun ukuran yang bisa Anda hadirkan.

tags: , , , ,