Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Ukuran Mungil

Sunday, September 18th 2016. | Cat Rumah

Ini Dia Tips Memilih Warna Cat Rumah MinimalisMemiliki rumah berukuran mungil mengharuskan Anda untuk bisa menata hunian dengan cara khusus sehingga tampilan rumah tetap terasa lega dan lapang, meski dengan keterbatasan ruang yang ada. Di sanalah kemudian penting untuk Anda mengenali tips memilih warna cat rumah minimalis untuk memberi kesan lapang dan lega pada rumah hunian berukuran mungil.

Ternyata efek visual dari warna bisa membantu Anda menyulap rumah kecil Anda terasa lebih lapang dan luas. Tetapi warna dan perpaduan macam apa yang bisa membantu Anda menghadirkan kesan rumah menjadi lapang? Beberapa tips memilih warna cat rumah minimalis berikut bisa membantu Anda.

  1. Pilih warna pucat sebagai warna dominan pada dinding.
    Warna pucat selalu memberi kesan ruang lebih terang dan lapang. Efeknya yang memantulkan cahaya membantu ruangan terasa lebih lega. Warna dalam nuansa pucat memang ternyata sangat bermanfaat memberi efek visual positif terhadap ruang sempit. Jangan khawatir kalau kemudian Anda hanya akan terpaku pada warna putih. Karena nuansa pucat tidak melulu terwakili dengan putih. Anda bisa bermain dalam kromatik warna lain seperti pink pucat, biru, hijau lime, hijau mint pucat, kuning pucat bahkan dengan warna terakota yang pucat.  Bahkan memadukan dua atau lebih warna dalam gradian pucat masih sangat dibolehkan selama tidak akan menghadirkan kesan berlebihan.
  2. Beri efek bingkai.
    Trik unik dalam memberi efek luas dan lapang adalah dengan memberi efek bingkai pada dinding. Anda bisa gunakan warna gelap pada sisi kanan atau kiri dinding untuk membingkai sisi tengah dinding yang Anda warnai dengan nuansa pucat. Bingkai gelap pada sisi kiri dan kanan akan memberi efek visual seolah dinding rumah berlapis dan dinding yang lebih pucat seolah menjauh. Kesan dan perpaduan warna ini membuat rumah terkesan lebih luas dari sebenarnya sekaligus memberi efek visual rumah seolah bertambah ukuran. Permainan warna ini akan tampak lebih maksimal bila Anda memilih warna gelap yang kontras dari warna pada bagian tengah dinding.
  3. Pilih warna yang netral.
    Permainan warna memang selalu memberi nuansa cantik pada rumah, tetapi ketika Anda berhadapan dengan ruang sempit, tak ada pilihan lain selain meredam semangat Anda untuk bermain dengan warna. Demi menghadirkan kesan luas dan lapang, hindari warna yang terlalu kuat, berani dan terlalu mencolok. Pilih gradian warna yang terkesan netral dan bisa menyatu dengan segala tema. Anda masih bisa bermain warna pada bagian lain dari interior seperti pada bantal cushion, dekorasi, lukisan hingga karpet. Tetapi tidak dengan dinding, karena warna-warna kuat cenderung menghadirkan efek visual seolah dinding maju mendekat.
  4. Gunakan nuansa langit.
    Nuansa warna langit yang berkisar antara gradian warna biru, putih dan kelabu muda adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin benar-benar intens dalam membangun visual ruang terkesan luas dan lapang. Warna biru hingga kelabu yang mengadaptasi nuansa warna langit memang membangun kesan ruang menjadi lebih luas dan tinggi. Ada efek ilusi yang terbangun sehingga ruang seakan lebih luas dari sebenarnya.
  5. Beri efek pengecatan vertikal.
    Pengecatan dengan teknik vertikal atau pemberian variasi pengecatan dengan arah vertikal menjadi salah satu tipis memilih cat untuk rumah minimalis. Vertikal akan membantu Anda membangun kesan rumah lebih tinggi. Efek tinggi rumah inilah yang akan membantu Anda merasa rumah terlihat lebih lapang. Tentu saja penting untuk memastikan Anda tidak berlebihan dalam memilih warna. Gunakan warna netral dan dalam gradasi yang tidak terlalu jauh. Hindari pemilihan warna kuat, mencolok, terlalu kontras atau justru terlalu ramai dengan pilihan warna yang terlalu banyak. Gunakan pembagian kolom dalam ukuran besar karena efek kecil-kecil akan membuat ruang terkesan sempit.
  6. Gunakan efek gradasi.
    Alih-alih membagi dua dinding dalam dua warna dengan sebuah garis horizontal yang jelas, Anda akan lebih baik menggunakan efek gradasi untuk menghadirkan kesan langit-langit rumah yang tinggi dan kesan rumah lebih luas. Gradasi akan mendorong mata Anda meilihat efek visual tambahan ukuran pada ruangan Anda. Caranya dengan mewarnai bagian bawah dengan warna lebih terang dan mewarnai warna pucat pada bagian atas. Lalu padukan dua warna ini di bagian tengah dengan efek gradasi yang halus, sehingga tidak terbentuk batasan jelas antara dua warna. Efek gradasi ini sangat ampuh memberi efek visual seolah dinding meluas dan dan langit-langit yang menjauh.

Bagaimana menurut Anda? Ternyata cukup dengan menerapkan sejumlah tips sederhana, Anda sudah bisa menghadirkan kesan luas pada rumah Anda. Apakah tips memilih warna cat untuk rumah minimalis di atas sudah cukup mampu membantu Anda menghadirkan efek visual rumah yang lapang dan lega pada hunian Anda yang mungil?

tags: , , ,