Tips Membuat Kolam Ikan Kecil di Teras Rumah

Thursday, January 5th 2017. | Kolam Ikan minimalis, Tips dan Trik

Membangun sebuah kolam ikan kecil di teras rumah tentu saja berbeda dari sekedar menghadirkan sebuah kolam dalam area taman depan rumah. Keberadaannya yang spesifik pada area teras akan membuat kolam perlu dibangun dengan tatanan khusus yang membuatnya bisa menyatu dengan desain bangunan dari teras rumah, tatanan interiornya dan tata eksterior dari keseluruhan tampilan fasad taman depan rumah.

Secara umum, teras rumah biasanya berukuran terbatas, sehingga penting untuk memastikan ukuran dan desain kolam ikan bisa selaras dengan semua keterbatasan ruang tersebut. Ditambah dengan ciri unik dari teras yang memadukan sisi eksterior dari area fasad depan rumah dengan desain bangunan dan tata interior dari teras itu sendiri.

Dan karenanya tentu tak sesederhana itu untuk bisa menghadirkan sebuah kolam ikan kecil di teras rumah yang sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Beberapa tips berikut bisa mejadi rujukan bagi Anda yang ingin bisa menyulap teras rumah Anda menjadi lebih memikat dengan kehadiran sebuah kolam ikan kecil yang apik.

  1. Pastikan kolam Anda sesuai dengan tata interior dan eksterior
    Duduk di dalam area teras memang memberi daya pikat tersendiri, ketika Anda bisa menikmati keindahan sisi eksterior rumah lengkap dengan tatanan tanaman di pekarangan depan rumah. Namun di sana juga terdapat tatanan interior teras lengkap dengan tatanan dan desain kursi teras dan segala perlengkapannya.
    Dan dari perpaduan inilah Anda perlu mepertimbangkan bagaimana menambahkan sebuah kolam ikan cantik diarea teras ini yang bisa selaras dengan keseluruhan desain dan tatanan interior pada teras dan tata taman sisi depan rumah Anda. Selaraskan tatanan taman, teras dan tata kolam sehingga perpaduan yang terbangun bisa saling berkaitan dan berkesinambungan.
  2. Sesuaikan kolam dengan ukuran teras
    Teras pada umumnya memiliki ukuran yang relatif tidak luas. Sehingga area yang bisa Anda manfaatkan untuk area kolam bisa jadi akan sangat terbatas. Akan sangat bijak untuk memastikan kolam memiliki bentuk dan ukuran yang disesuaikan secara tepat dengan ukuran kolam.
    Kadang kolam yang sesuai dengan ukuran teras akan berukuran relatif kecil. Sehingga hanya akan membutuhkan sebuah kolam dengan bentukan dari pot atau semacam mangkuk besar dari keramik.
    Kadang kolam yang selaras dengan ukuran teras adalah sebuah kolam yang ditata sedemikian rupa sehingga letaknya seperti menjadi bagian dari fasad teras itu sendiri. Bahkan bisa jadi teras seolah berdiri di atas kolam. Kadang Anda bisa menjadikan area duduk pada kolam sebagai dinding pembatas kolam. Atau menjadikan tepian teras sebagai area aliran air dari kolam.
  3. Manfaatkan fasad teras yang tersisa
    Tips lain untuk membangun sebuah kolam ikan kecil di teras rumah adalah dengan memanfaatkan desain fasad dari teras itu sendiri. Kadang ini diperlukan pada mereka yang ingin menambahkan kolam pada teras rumah yang sudah berdiri. Anda hanya perlu menemukan area strategis pada teras rumah yang sekiranya bisa menjadi celah untuk Anda membangun kolam.
    Manfaatkan area kosong yang Anda temukan pada salah satu sudut teras, pada area tepian teras, sisi penyangga antara teras dengan carport atau area parkir juga sisi teras yang langsung berhadapan dengan dinding. Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk teras, luas dan bentuk area yang bisa Anda manfaatkan, dengan desain dan ukuran dari kolam yang akan Anda buat.
  4. Gunakan taman vertikal
    Pada area teras dengan lahan yang pada umumnya terbatas,penataan taman atau vegetasi pada tepian kolam kadang menjadi cukup sulit. Karena kadang keterbatasan lahan memaksa Anda tidak bisa melakukan penanaman tanaman pada area tepian kolam. Untuk kendala ini, kami menyarankan Anda memadukan kolam ikan kecil ini dengan taman vertikal.
    tak harus taman vertikal yang rumit, cukup dengan menata sebingkai tanaman kaktus aneka warna dalam sebuah pack berbingkai kayu, atau dengan menata sebuah tanaman rambat di sekitar kolam kecil ini sudah cukup memberi efek cantik pada kolam.
  5. Manfaatkan tanaman air
    tips penataan lain yang tidak bisa luput dari perhatian Anda adalah penambahan vegetasi air pada kolam yang Anda buat. Kesan hijau pada kolam ikan akan mempercantik kolam buatan Anda ini.
    Anda bisa menambahkan beberapa jenis teratai air sebagai hiasan di permukaan kolam. Atau tambahkan beberapa jenis tanaman air lain yang dibiarkan tumbuh tinggi alami pada kolam. Ini akan memberi nuansa lebih tropis dan hijau pada area teras dan taman.

Itulah tadi sejumlah tips penting yang bisa Anda gunakan dalam menata kolam ikan kecil di teras rumah. Kolam yang apik pada sebuah teras yang tertata manis akan menjadikan hunian Anda terasa lebih hangat dan nyaman. Bagaimana dengan teras Anda, apakah ide yang Anda miliki untuk kolam ikan kecil di teras rumah Anda?

(sumber gambar : cepontzsons.com)