Tata Ruang Pada Kamar Mandi Ukuran 2×2 Meter

Wednesday, December 14th 2016. | Rumah Minimalis

kamar mandi ukuran 2x2 gbrKamar Mandi Ukuran 2×2 – Pada kebanyakan rumah jenis KPR kamar mandi yang disediakan memang berukuran relatif mungil. Hanya sekitar 2 x 2 meter bahkan kadang kurang dari ukuran ini. Ini tentu saja disebabkan oleh keterbatasan lahan dan upaya untuk mengoptimalkan manfaat ruangan.

Kadang dengan hanya memiliki kamar mandi ukuran 2×2 meter, Anda terbentur dalam urusan ruang ketika sudah melakukan perancangan interior pada kamar mandi. Ruang yang sempit akan memberi keterbatasan ruang gerak dalam kamar mandi di luar juga kesan sempit yang Anda rasakan ketika Anda berada di dalam kamar mandi tersebut.

Ada beberapa aspek yang perlu menjadi pertimbangan dalam melakukan tata ruang pada kamar mandi ukuran 2×2 meter. Seperti apa saja pertimbangan penting tadi?

  1. Ruang gerak
    Keterbatasan ruang akan memaksa pengguna terjebak dalam ruang kecil dengan ruang gerak sangat terbatas. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan bagaimana cara untuk mendapatkan ruang gerak mencukupi untuk aktivitas di dalam kamar mandi. Bagaimanapun sempit dan terbatasnya ukuran kamar mandi Anda, pastikan kamar mandi masih sangat nyaman untuk Anda beraktivitas sanitasi dan kebersihan di dalamnya.
  2. Efek visual
    Karena kamar mandi berukuran sangat kecil, Anda harus cukup seksama dalam menentukan warna dan bentuk dalam ruangan kamar mandi untuk menekankan efek visual yang mengesankan ruangan lebih luas dan lapang. Kesalahan Anda dalam memilih warna dan bentuk bisa memberi efek ruangan seolah semakin sempit dan pengap.
  3. Aliran udara
    Kamar mandi dengan ukuran kecil kadang memiliki kendala dengan udara yang terasa pengap. Ini karena perputaran udara dalam ruangan sangat terbatas. Karenanya penting untuk memastikan kamar mandi memiliki ventilasi udara yang memadai untuk mengatasi perputaran udara terbatas ini.
  4. Daya tampung
    Bila Anda menggunakan kamar mandi dengan model bak, pastikan Anda memilih bak mandi dengan tepat, baik itu ketinggian, luas dasar dan bentuknya. Pastikan bak memadai untuk menampung air dalam jumlah mencukupi namun juga tidak memberi efek sesak pada ruangan. Kadang beberapa kamar mandi sudah tidak menggunakan bak mandi dan memilih menggunakan shower. Konsep ini sangat baik Anda aplikasikan pada kamar mandi kecil mengingat shower akan memberi ruang lega lebih pada ruangan kamar mandi. Tetapi perhatikan posisi shower supaya tetap nyaman Anda gunakan, baik tinggi dan daya pancarnya.
  5. Aliran air
    Ukuran yang terbatas juga kerap menyebabkan sistem drainase dalam kamar mandi tidak berjalan dengan baik. Kadang kemiringan kurang memadai atau aliran air tidak tersalurkan dengan baik sehingga kerap kali kamar mandi tergenang air. Untuk itu, perhatikan detil kecil macam ini untuk menghasilkan kamar mandi yang nyaman digunakan.

Lalu apa saja yang bisa menjadi ciri khas dari tata ruangan kamar mandi ukuran 2×2 meter yang modern dan kekinian. Berikut adalah sejumlah panduannya :

  1. Kamar mandi biasanya menggunakan pintu berukuran lebih kecil dari 1 meter
    Untuk menyiasati kekurangan ruangan, kamar mandi biasanya menggunakan jenis pintu kecil yang lebarnya tidak mencapai 1 meter. Biasanya pintu terbuat dari bahan anti air sehingga aman sepenuhnya bila terlalu kerap terpapar air. Pintu kecil akan tetap mempertahankan keleluasan akses masuk dan keluar kamar mandi dengan tetap memperhatikan ukuran ruangan yang terbatas.
  2. Kamar mandi biasanya menggunakan dinding keramik berwarna pucat
    Untuk menyiasati ruangan yang sempit, dinding kamar mandi bisa Anda lapisi dengan keramik dalam warna yang pucat atau pastel seperti biru muda atau pink muda. Warna pastel sangat membantu untuk Anda menghasilkan kamar mandi yang terasa lebih lapang.
  3. Kamar mandi menggunakan cermin berkukuran besar
    Pada kamar mandi modern, wastafel menempati peran besar yang sama pentingnya dengan kamar mandi. Dan sebagaimana lazimnya sebuah wastafel, di hadapannya selalu ada cermin berukuran besar Dan cermin berukuran besar inilah yang akan memberi efek visual ruangan yang luas dan lapang. Seperti menggandakan ruangan menajdi dua.

Lantai kamar mandi cenderung lebih gelap
Lantai kamar mandi pada dasarnya akan mudah sekali terserang kotoran. Karenanya penting untuk memastikan lantai kamar mandi yang Anda gunakan memiliki lantai berwarna gelap. Warna gelap akan menyamarkan kotoran yang tersimpan di sela keramik. Juga membantu menjaga tampilan ruangan akan menjadi lebih elegan.