Tata Ruang Dan Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 4×4

Thursday, May 9th 2019. | Kamar Tidur, Rumah Minimalis

Anda yang memiliki kamar berukuran 4×4 m sebenarnya sudah cukup beruntung. Karena ukuran ini sudah relatif luas di kala kebanyakan hunian modern hanya memiliki kamar dengan ukuran yang tak genap 3×3 m. Lalu bagaimana membuat tata ruang dan desain kamar tidur minimalis ukuran 4×4 m demi menyikapi kelebihan dan kekurangan dari ruangan berukuran semacam ini?

Mari kita pahami dulu apa kelebihan dan kekurangan dari ruangan berukura 4×4 m. Kelebihannya tentu saja ruangan yang luas dan memberi Anda sangat cukup ruang untuk beraktivitas dalam kamar, berkreasi dengan desain dan tatanan interor yang lebih berani, bahkan juga dalam mendpatkan area simpan yang optimal.

Hanya saja di sisi lain, dengan ruang yang lapang Anda perlu cukup cermat dalam memilih furniture. Karena saat ini kebanyakan furniture di pasaran sudah disesuaikan dengan kebutuhan mayoritas kebanyakan orang, yakni konsep sangat minimalis. Ini karena kebanyakan orang hanya memiliki kamar dengan ukuran terbatas.

Bila Anda salah memilih furniture, salah – salah Anda malah akan membuat ruangan kamar terasa kosong. Furniture dengan desain minimalis memang dibuat untuk memberi efek melapangkan ruangan. Ditambah dengan desain yang kompak kebanyakan dibuat dengn khusus untuk menghemat ruangan. Bayangkan bila Anda memilih desain semacam ini sementara justru kamar Anda berukuran relatif lebih luas.

Kini Anda bisa bayangkan, apa problem yang kadang muncul ketika Anda memiliki kamar berukuran 4×4 m dan apa kenyamanan serta kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari kamar dengan ukuran demikian.

Karenanya berikut sejumlah pendekatan dalam membuat desain kamar tidur minimalis ukuran 4×4 m yang nyaman dan sesuai dengan luasnya ruangan.

  • Jangan terpaku pada warna ringan dan lembut
    Anda yang menyukai warna lembut, mungkin perlu memaksakan diri untuk menambahkan warna yang lebih kuat pada ruangan, atau pada trend tahun ini Anda bisa pilih warna-warna dalam nada kromatik dari biru, hijau atau ungu yang sesuai dengan konsep tahun 2017.
    Atau bila Anda tertarik, lapisi satu sisi dinding dengan konsep decal seperti beberapa siluet cantik yang mendominasi kamar, hiasan decal tepat di atas head board ranjang atau bila lebih berani lukisan decal besar di salah satu sisi dinding. Konsep sentuhan decal pada dinding sedang mencapai puncak popularitasnya di tahun 2017.
    Warna putih, pastel dan warna-warna lembut memiliki kecenderungan melapangkan. Sementara kamar Anda malah sudah cukup lapang bukan? Jadi tak perlu lagi upaya semacam ini demi mendapatkan kamar yang lapang, malah Anda bisa sedikit berkreasi dengan kamar yang lebih berani menampilkan warna dan corak personal Anda.
  • Berani dengan corak
    Selama ini kita kerap mendengar banyak saran untuk memilih corak dan warna yang ringan untuk pemilihan sprei, karpett dan aksesoris pada dinding. Alasannya tentu saja untuk membantu memberi efek lapang pada ruangan.
    Namun karena urusan memberi efek lapang pada ruangan sudah bukan lagi menjadi prioritas, maka Anda malah diberi cukup ruang untuk berkreasi dengan corak, warna dan permainan tema, termasuk dalam memilih karpet, sprei hingga headboard dan hiasan dinding. Corak belakangan juga sedang naik daun di tahun 2017, jadi rasanya memang akan sesuai bila Anda mulai memberanikan diri dengan corak di kamar Anda.
    Tentu saja untuk pemilihan corak, Anda perhatikan dengan baik sejauh mana Anda akan bermain dengan corak dan warna. Kamar Anda bukan sangat luas, ukurannya hanya sedikit lebih luas dari kebanyakan kamar di era modern kini. Jadi bijaklah dalam memilih warna dan corak, untuk memastikan ruangan tidak terlalu penuh dan sesak.
    Karena corak yang padat dengan permainan warna yang berani kadang bisa menjadi terlalu menyesakan di kamar. Sementara Anda tetap membutuhkan kamar tidur yang nyaman dan cozy bukan?
  • Pastikan mendapatkan ruang simpan
    Asyik berkreasi dengan sentuhan aksesoris, lantas Anda lupa Anda membutuhkan ruang simpan dalam kamar tidur Anda. Jangan lupa temukan furniture tepat yang bisa Anda siapkan untuk ruang simpan. Kadang dengan kamar cenderung lebih luas dari kebanyakan kamar modern Anda bisa sedikit lebih bebas dalam memilih ukuran.
    Anda bisa memilih jenis lemari dengan ukuran lebih besar. Dengan ukuran lebih besar Anda bisa menyimpan lebih banyak pakaian dan koleksi pribadi Anda. Terkesan besar dan memakan tempat tetapi juga hemat tempat karena seluruh penyimpanan bisa Anda pusatkan pada satu titik.
    Bila pada kamar berukuran kecil Anda harus cukup pintar mencari celah dari ruangan yang sekiranya bisa Anda selipkan ruang simpan. Maka dengan ruangan berukuran relatif lebih luas, Anda bisa menemukan sebuah lemari berukuran besar yang sekaligus menampung seluruh barang pribadi Anda. Anda bahkan bisa menciptakan sudut rias atau sudut kreasi dengan leluasa berkat ruangan Anda yang luas.

Itulah beberapa panduan dalam menata ruang desain kamar tidur minimalis ukuran 4×4 m. Kamar yang lebih luas dari kamar kebanyakan di rumah-rumah modern minimalis akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk membangun kamar Anda sesuai selera personal.

(sumber gambar : karyaminimalis.com)