Tata Interior Untuk Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×3 M

Tuesday, November 29th 2016. | Rumah Minimalis

kamar tidur minimalis ukuran 3x3Kebanyakan kamar untuk hunian modern memang hanya memiliki ukuranĀ  terbatas. Setidaknya hanya berkisar pada ukuran 3 x 3 meter. Ukuran yang sebenarnya tidak bisa dikatakan besar, tetapi setidaknya cukup memadai untuk mencakup kebutuhan. Kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter menjadi standar lazim hunian modern yang bila Anda cukup jeli bisa Anda kembangkan dalam sejumlah konsep dan desain tata interior.

Dengan ruangan kamar seukuran 3 x 3 meter, Anda sebenarnya sudah mampu menghadirkan cukup banyak sarana untuk memenuhi kebutuhan aktivitas Anda dalam kamar. Tetapi sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai tata interior kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter, kita coba ulas terlebih dulu apa saja sebenarnya aktivitas yang biasa dilakukan seseorang dalam kamar tidur dan apa saja kebutuhan perabot yang perlu Anda sediakan untuk ruangan kamar tidur.

Pada dasarnya, kamar tidur adalah area istirahat. Anda tak harus tidur ketika berada dalam kamar, tetapi lebih pada area dimana Anda bisa relaks, merehatkan ketegangan dan menghabiskan waktu melakukan kegemaran Anda dengan suasana santai.

Dengan fakta ini, jelas Anda tak hanya membutuhkan sebuah tempat tidur untuk Anda masukan ke dalam ruang tidur. Anda juga membutuhkan beberapa perabot lain untuk memenuhi kebutuhan Anda dan menunjang aktivitas Anda.

Anda membutuhkan setidaknya ruang membaca yang memadai, ruang storage relatif besar untuk menyimpan pakaian dan perabot Anda, termasuk pula bila Anda membutuhkan sudut kerja atau sudut belajar.

Lalu bagaimana prinsip dasar dalam melakukan tata interior untuk kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter? Dengan keterbatasan ruang Anda bisa menjajal sejumlah panduan ini untuk Anda aplikasikan dalam ruangan kamar tidur Anda yang mungil.

  1. Maksimalkan pemanfaatan ruang sebagai storage
    Bagian terbesar yang akan memakan banyak ruang dalam kamar tidur adalah storage atau area penyimpanan. Kadang Anda bisa membutuhkan penyimpanan dengan kapasitas sangat besar demi menampung pakaian, aksesoris, buku, perangkat kerja atau sekolah Anda dan pernak pernik Anda.
    Itu sebabnya demi menghemat ruangan, Anda membutuhkan teknik khusus menyediakan storage memadai dengan memanfaatkan ruang yang ada. Anda bisa memanfaatkan area-area tersisa dengan memaksimalkan sebuah fungsi furniture. Misalkan saja dengan meninggikan area tidur dengan menjadikan sisi bawah area tidur sebagai ruang storage.
    Anda bisa pula memasang lemari atau rak mengambang yang memang selalu sukses menghadirkan nuansa kamar yang lebih ringan dan luas. Tambahkan ambalan untuk menyimpan buku dan pernak pernik Anda dalam bentuk terbuka dan terekspos untuk semakin memberi efek visual ruangan yang luas.
    Kadang Anda perlu memanfaatkan area tersembunyi seperti memasang ruang simpan kecil i belakang pintu kamar. Anda bisa melenyapkan kehadiran ruang storage ini ketika pintu Anda buka, tetapi juga bisa mengaksesnya dengan mudah cukup dengan menutup pintu.
    Ide lain adalah dengan menggunakan ruang storage yang tinggi. Ketika orientasi horizontal jelas mustahil Anda jalankan, maka Anda harus mulai menggunakan orientasi vertikal. Ini akan membantu Anda menambah daya tampung dengan pemakaian ruang terbatas.
  2. Siapkan sistem hibrid furniture
    Konsep hibrid memungkinkan Anda mendapatkan furniture multi fungsi. Bukan hanya soal tempat tidur yang juga berfungsi sebagai lemari dan rak storage. Tetapi juga fungsi-fungsi lain seperti rak yang bila ditarik bisa menjadi meja untuk Anda bekerja atau belajar. Atau tempat tidur yang bisa Anda ubah menjadi meja belajar sewaktu-waktu.
    Konsep furniture multifungsi atau konsep hibrid ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat lebih luas pada kamar tidur Anda. Kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter jelas memiliki keterbatasan ruang untuk merealisasikan kebutuhan Anda, kecuali Anda menggunakan furniture yang bisa Anda fungsikan sebagai sejumlah manfaat. Dengan demikian Anda bisa menghemat kapasitas ruang untuk beberapa manfaat sekaligus.
  3. Gunakan warna dominan yang netral
    Kebanyakan pemilik kamar cenderung menyukai warna yang bersifat personal untuk kamar tidur mereka. Tetapi demi alasan efek visual, sebaiknya pastikan Anda memilih cat kamar tidur dengan nuansa warna lembut dan netral. Hindari warna kuat sebagai dominasi karena akan memberi efek ruangan terasa sempit dan sesak.
    Anda tentu saja masih sangat mungkin menyematkan warna kesukaan Anda dalam ruangan. Mulai dengan memberi aksen pada dinding seperti membuat semacam wall art dalam warna favorit Anda atau menambahkan pernak pernik dalam konsep dan warna yang Anda kehendaki.
    berbingkai nuansa warna pucat dan netral Anda akan mendapati nuansa warna yang Anda hadirkan dalam kamar tidur akan terasa sangat nyaman. Suasana lembut juga membantu Anda lebih relaks dalam kamar tidur.

Tak sulit untuk bisa menemukan ide penataan interior untuk ruang kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter. Yang Anda perlukan adalah ide brilian dan kejelian melihat potensi dari tiap sudut rumah. Jadi selamat menata ulang kamar tidur Anda. Masih tertarik dengan konsep tata interior kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter? Temukan informasi lain seputar kamar tidur kecil di sini.

tags: , , , , , ,