Siasat Jitu Pada Desain Dapur Kecil Tanpa Kitchen Set

Sunday, December 11th 2016. | Dapur Minimalis, Rumah Minimalis

desain dapur kecil tanpa kitchen set contohTidak selamanya dapur harus dibangun dengan desain dapur model kitchen set, beberapa dapur dibuat dengan desain dapur kecil tanpa kitchen set. Dan ternyata konsep dapur yang lebih sederhana ini juga tetap mampu memberi nilai estetis dan manfaat yang memadai untuk hunian Anda.

Ada banyak alasan kenapa beberapa orang memilih untuk membuat konsep dapur dengan desain dapur kecil tanpa kitchen set. Perimbangan tertentu sengaja diambil untuk memutuskan dapur dibuat tanpa jajaran lemari atas yang besar dan menutup hampir seluruh bagian dinding atas dapur.

Di antara alasan-alasan tersebut adalah keterbatasan dana, sebagaimana Anda juga ketahui bahwa untuk bisa memiliki sebuah kitchen set yang lengkap Anda bisa jadi akan mengeluarkan dana yang tidak kecil. Alasan lain adalah keterbatasan ruang. Karena kadang justru keberadaan lemari-lemari atas akan memberi kesan dapur penuh dan sesak. Untuk rumah dengan ukuran kecil, bisa jadi ini bukan ide yang tepat.

Namun demikian, meski dianggap memberi efek ruangan terasa lebih lapang dan bersih, konsep dapur dengan desain dapur kecil tanpa kitchen set juga memiliki kendala dan kekurangan. Dan karenanya sebelum Anda memutuskan untuk meggunakan dapur tanpa kitchen set, Anda perlu pahami dulu kekurangan dan siasat untuk mengatasinya.

Kekurangan utama dari dapur dengan desain dapur kecil tanpa kitchen set adalah kurangnya area penyimpanan. Selama ini kita tentu juga mengetahui bahwa kabinet atau lemari-lemari yang berjajar di sisi atas dapur tersebut berfungsi sebagai area penyimpanan.

Dengan Anda memutuskan untuk tidak menggunakan lemari sisi atas, maka Anda juga mengorbankan sejumlah area simpan. Padahal kita juga mengetahui bahwa dapur adalah salah satu ruangan yang paling banyak membutuhkan ruang simpan. Mulai dari perangkat masak, perangkat elektronik kuliner sampai bumbu dan bahan simpanan. Lantas, akan Anda kemanakan semua barang tersebut bila Anda tidak sediakan lemari-lemari penyimpanan? Beberapa solusi ini bisa Anda coba.

  1. Menggunakan ambalan
    Ambalan bisa Anda pasangkan pada sisi atas area dapur. Peletakannya bisa Anda tata sebagaimana Anda meletakan kabinet dapur pada kitchen set. Bedanya, ambalan berbentuk cenderung lebih tipis, lebih terbuka dan terkesan lebih ringan. Jadi tidak akan memberi kesan ruangan penuh dan sesak.
    Anda bisa tata bahan makanan sampai bumbu dalam ambalan ini dalam penataan yang memanjang. Bila Anda perlukan Anda juga bisa memasang ambalan secara bersusun jadi akan memuat lebih banyak barang pada dapur Anda. Pilihlah warna ambalan yang netral dan ringan sehingga memberi manfaat lebih optimal dalam memberi efek visual lapang dan lega.
    Siapkan beberapa kotak dan wadah tertutup untuk memuat beberapa pernik dapur Anda supaya tidak berantakan. Karena sifatnya terbuka, kekacauan dalam tata letak barang akan sangat kentara dari luar.
  2. Menggunakan hole board
    Papan berlubang adalah semacam papan yang terdapat lubang-lubang berbentuk simetris dalam jumlah kbanyak dan ukuran kecil. Pilih jenis papan dari bahan metal sehingga lebih tahan lama dan tahan terhadap api dan panas. Lalu lekatkan hole board ini pada dinding melebar ke atas dan memanjang di sepanjang dapur.
    Jadikan papan berlubang ini sebagai area penyimpanan yang unik. Yang Anda butuhkan hanya sejumlah kawat timah yang bisa Anda jadikan pengikat berbagai wadah keranjang untuk meletakan sejumlah bumbu dapur. Gunakan kait yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai wajan dan panci Anda, sendok sayur sampai tong dan pengocok telur.
    Letakan dengan tata lay out yang rapi dan dapur tanpa kitchen set Anda tetap cantik.
  3. Menggunakan gantungan bersusun
    Coba sediakan sebuah gantungan bersusun seperti capstock yang kuat dan kokoh dan pakukan pada sala h satu dinding. Gunakan gantungan ini sebagai hooked penyimpanan perabot dapur Anda.
    Anda bisa pula letaka gantungan serupa tepat di atas dapur Anda dengan menggunakan semacam rel buatan. Model seperti ini sebenarnya juga lazim Anda jumpai pada sistem dapur internasional dimana perabot dapur sngaja dibuat bergantung di atas dapur.
  4. Menggunakan rak terpisah
    Tidak tertarik dengan konsep kitchen set konvensional bukan lantas tidak bisa menyediakan sebuah rak besar tinggi untuk menampung kebutuhan penyimpanan. Anda bisa menyediakan sebuah rak berukuran besar untuk kebutuhan Anda. Bisa Anda sediakan dalam bentuk lemari atau kabinet tertutup atau malah berbentuk rak terbuka. Letakan terpisah dari set dapur sehingga tidak memberi efek penuh dan sesak.

Ternyata dengan desain dapur kecil tanpa kitchen set juga Anda bisa memiliki ruang penyimpanan yang memadai kan? Bila memang upaya-upaya ini tidak mampu membantu Anda memenuhi seluruh kebutuhan ruang penyimpaan, bisa jadi memang hanya dengan kitchen set konvensional saja Anda bisa mendapatkan storage yang cukup. Jadi pastikan ide Anda ini sudah Anda pertimbangkan dengan kebutuhan storage Anda.