Trend Terkini Rumah Minimalis Modern 2 Lantai 2016

Monday, September 19th 2016. | Rumah Minimalis

Trend Rumah Minimalis Modern 2 Lantai 2016Rumah Minimalis Modern 2 Lantai – Tahun 2016 kini sudah menjajaki paruh kedua.

Apakah konsep dan trend terkini dari gaya desain rumah minimalis modern 2 lantai di masa paruh kedua 2016 ini?

Adakah yang khas dan berbeda yang bisa menjadi inspirasi Anda dengan hunian baru Anda? Kami berhasil menghimpun sejumlah trend yang muncul di pasaran mengenai desain rumah minimalis modern 2 lantai.

Siapa tahu bahasan tentang rumah minimalis modern 2 lantai kali ini bisa menjadi inspirasi Anda. Bisa jadi Anda akan mengadaptasi konsep yang trendy ini di hunian tercinta Anda bukan?

  1. Rumah berkonsep terbuka dan terkoneksi.
    Di tahun 2016, konsep rumah minimalis modern berkiblat pada konsep yang lebih terbuka dan kompak. Ruangan dibuat dengan sket atau pemisah ruangan yang tidak masif, sehingga hubungan antar ruang terbentuk dengan lebih leluasa. Pada konsep yang lebih sederhana, ruang private dibuat menyatu dengan ruang publik dengan alasan penghematan ruang. Namun pada Anda dengan lahan yang lebih luas, Anda masih bisa menyediakan ruang publik yang sepenuhnya terpisah dari ruang private. Atau membentuk pemisah non masif untuk memisahkan koneksi ruang publik dan private.Dengan adanya konsep ini, biasanya rumah dibuat terbuka dengan hall luas sebagai bagian utama dimana pusat kegiatan dari rumah terjadi di dalamnya. Ada koneksi langsung antara aktivitas dapur dengan ruang keluarga, sehingga ibu di dapur bisa mengawasi langsung aktivitas anak di ruang bermain mereka. Sedang ruangan di lantai atas tetap bisa berkoneksi dengan ruang di bawah berkat tersedianya area terbuka yang disediakan. Kamar tidak tersembunyi sehingga mudah bagi anggota keluarga berinteraksi satu dengan yang lain. Ini memberi dua efek sekaligus,kesatuan hunian dan efek ruang yang sangat lapang. Kadang, akses dua lantai dibuat menyatu sehingga terkesan ruang tidak sepenuhnya berlantai 2.
  2. Hunian dengan konsep kompak.
    Sudah dengan konsep koneksi yang menyatu, rumah juga perlu didesain dengan konsep kompak. Dimana detil ruangan diperhatikan dengan sangat seksama demi memastikan detil memiliki manfaat lebih dari sekedar estetika. Ruang simpan dimaksimalkan dengan memanfaatkan setiap sudut namun dengan cara yang estetis. Dengan mengadopsi sejumlah budaya interior seperti Jepang dan Skandinavia yang berkesan kompak, ringan dan modern konsep ini memang menjadi trend rumah minimalis modern 2 lantai tahun 2016 ini di Indonesia.
    Mengingat Indonesia memiliki lahan hunian yang terbatas di banyak kota besar, sehingga konsep rumah kompak dengan pemanfaatan maksimal setiap bagian rumah menjadi ide terbaik untuk diterapkan. Rumah tidak lagi menekankan efek besar dan megah semata, tetapi juga sudut pandang manfaat dan kemudahan akses setiap bagiannya. Bagaimana dengan ruang terbatas, kebutuhan hidup terpenuhi dan tetap memberi efek nyaman yang sama dengan rumah berukuran besar. Rumah kompak dengan lantai dua tidak akan memberikan dua ruangan dengan fungsi sama sekaligus dalam satu rumah. Bilapun ada ruang keluarga di atas dimanfaatkan sebagai arena nyaman anak-anak.
  3. Konsep eco life
    Kesadaran hidup dengan gaya yang lebih sehat memang sudah berkembang demikian luas di Indonesia termasuk merambah pada dunia hunian. Kini masyarakat paham betul betapa pentingnya menjaga kesinambungan lingkungan dan penghematan energi. Jadi rumah modern dua lantai di masa kini cenderung menekankan bagaimana tetap memaksimalkan suhu yang nyaman di dalam rumah tanpa AC atau memaksimalkan masuknya cahaya di siang hari untuk mengurangi pemakaian lampu. Bahkan lebih dari itu, mereka yang lebih ekstrim bisa menyediakan sistem daur ulang air hingga sistem listrik tenaga surya. Konsep eco life ini juga hadir dengan konsep taman yang lebih asri dengan menekankan suplai udara sehat yang lebih maksimal. Hingga pemanfaatan produk material daur ulang untuk meminimalisir eksploitasi material alami.
  4. Nuasa yang kuat dan personal
    Gaya rumah modern dewasa ini tak lagi sempit dalam ide-ide konvensional. Setiap orang dengan lebih berani menghadirkan personal mereka dalam desain dan tatanan rumah. Tak ragu menampakan desain unik demi bisa menjadikan rumah terasa lebih personal. Konsep-konsep hunian dengan gaya yang kuat dan tidak konvensional lahir dan berkembang seperti konsep shabby chic, rustic, maroko, india, skandinavia, retro, bohemian, tropis dan masih banyak lagi. Semua hadir dengan ciri khas berbeda dan memberi rumah lebih dari sekedar tempat tinggal belaka.
  5. Keberanian dengan fasad
    Rumah minimalis modern 2 lantai kini juga hadir dengan desain yang tidak biasa. Mereka berani mengeksploitasi ide untuk menghadirkan desain yang berbeda. Fasad bangunan hadir dengan konsep unik, baik itu pada atap rumah yang berdesain berbeda, konsep balkon atas, desain tangga, desain koneksi antar lantai sampai desain bangunan secara fasad depan. Bukan hanya desain, rumah kini juga hadir dengan bahan unik yang tak akan terpikir pada 15 tahun lalu. Orang menjadi lebih berani bereksperimen, memberanikan diri menjajal yang baru termasuk menggunakan bahan unik seperti sisa peti kemas, ubin bekas rumah kolonial sampai sisa sisa galangan kapal.

Jadi, dari 5 trend  gaya dan desain rumah yang sedang menjadi hit di tahun 2016 ini, manakah trend kekinian rumah minimalis modern 2 lantai di atas yang sekiranya cocok untuk Anda adaptasi pada hunian Anda?

tags: , , , , ,