Rumah Minimalis dengan Kolam Renang Kecil Indoor

Wednesday, January 11th 2017. | Kolam Renang minimalis, Rumah Minimalis

Sebagaimana pada kesempatan sebelumnya kami sempat mengulas mengenai bagaimana menghadirkan sebuah kolam renang kecil pada hunian minimalis modern, kami juga menjelaskan sebuah kolam renang indoor bisa menjadi salah satu cara cantik untuk memiliki sebuah rumah minimalis dengan kolam renang kecil.

Bagaimana cara untuk bisa mewujudkan sebuah rumah minimalis dengan kolam renang kecil?

Ide dasarnya sebenarnya sederhana, karena lahan yang Anda miliki di rumah Anda relatif terbatas, kenapa tidak maksimalkan peruntukan lahan untuk sejumlah fungsi bangunan termasuk dengan memanfaatkan sisi atas dari area kolam sebagai area lantai dua.

Tidak seperti kebanyakan rumah konvensional yang membiarkan area kolam renang berada di area terbuka tanpa atap, maka konsep rumah minimalis dengan kolam renang kecil ini justru menghadirkan kolam renang yang beratap. Bukan hanya beratap, tetapi menjadi satu dengan area privat di dalam rumah.

Anda bisa meletakan sebuah kolam cantik tepat bersisian dengan area pusat aktivitas keluarga dalam rumah seperti pada ruang keluarga atau ruang makan. Pada rumah dengan konsep terkoneksi, bahkan bisa jadi kolam Anda jadikan satu area dengan seluruh pusat ruangan yang biasanya sekaligus menjadi ruang multifungsi seperti ruang makan, ruang TV hingga dapur.

Beberapa ide rumah minimalis dengan kolam renang kecil indoor ini malah sengaja menata posisi TV berada berhadapan dengan kola m renang sehingga Anda bisa menikmat tayangan TV tanpa harus beranjak dari kolam renang.

Anda juga bisa menambahkan area berendam atau jakuzi dengan sistem pemanas elektrik sebagai pelengkap bila area di lahan tersebut masih memungkinkan. Anda akan semakin eluasa menikmati aktivitas relaksasi dan rekreasi bahkan tanpa repot keluar dari rumah dengan seru.

Menyatukan ruangan keluarga dengan area kolam dalam beberapa pertimbangan bisa cukup baik terutama untuk keluarga dengan anak-anak kecil. Karena aktivitas anak di dalam kolam bisa langsung terawasi oleh seluruh anggota keluarga keluarga. Sedang kehadiran kolam juga bisa menjadi ornamen cantik untuk interior hunian. Tentu saja tidak lupa dengan fakta keberadaan kolam indoor ini akan membuat Anda leluasa untuk berenang tanpa harus mempedulikan urusan cuaca.

Untuk itu penggunaan material dan desain kolam menjadi penting untuk menunjang keutuhan interior. Anda bisa gunakan ide kolam minimalis berdinding kaca atau fiber tebal, dinding batuan alam bahkan desain unik dengan jembatan di sisi atasnya.

Untuk sekedar catatan, ide kolam berdinding kaca akan memberi Anda daya tarik unik pada ruangan. Gerak gelombang air kebiruan pada kolam akan terlihat jelas dan ini jelas akan menarik sebagai ornamen interior.Penambahan air terjun atau air mancur akan memberi nuansa asri dalam ruangan dan menambah kenyamanan bagi penghuninya.

 Demi faktor kenyamanan dan keamanan pula sebaiknya lantai di area kolam dibedakan dengan area utama seperti dengan mengganti lantai dengan jenis anti slip juga dengan menurunkan sedikit ketinggian lantai pada area kolam.

Kolam sebaiknya tidak memenuhi seluruh bagian belakang supaya ada akses jalan bagi penghuni agar bisa mencapai area terbuka di sisi belakang. Tentu saja, untuk memberi akses sirkulasi udara yang sehat sebaiknya tetap sisakan sedikit lahan di sisi belakang sebagai area terbuka dengan peruntukan sebagai taman kecil. Kadang bentuknya lebih baik memanjang di seluruh are lahan belakang dari pada sekedar berbentuk kotak kecil.

Meski tidak berukuran besar, tata taman cukup asri untuk menghasilkan suasana sejuk dalam ruangan. Berikan akses pintu-pintu besar dari kaca untuk memberi akses pemandangan ke arah area terbuka di sisi belakang.

Anda bisa menambahkan taman vertikal bila dirasa perlu untuk menambah kesan asri dan rimbun. Tambahkan tanaman dengan warna-warna yang cantik, bebungaan serta dinamika tata tanaman yang cukup beragam. Ini akan memberi efek 3 dimensi pada taman yang membuatnya semakin memikat dan mencuri perhatian. Tak harus besar, bila ditata dengan cantik taman belakang ini akan memberi infus udara dan suasana segar dalam ruangan.

Sisi kiri dan kanan dari area kolam dibiarkan berupa dinding biasa yang akan menjadi penyangga dari area lantai dua. Karena sisi atas dari kolam sepenuhnya adalah area lantai dua yang bisa Anda fungsikan dalam berbagai ruangan, bahkan termasuk kamar pribadi.

Kesulitan yang biasa dihadapi oleh mereka dengan keberadan rumah minimalis dengan kolam renang kecil indoor adalah aspek kebersihan. Karena lokasinya indoor Anda perlu menyediakan akses yang memudahkan Anda untuk membersihkan kolam tanpa membuat area lain dari rumah Anda ikut basah dan kotor.

Biasanya untuk rumah minimalis dengan kolam renang kecil indoor macam ini, Anda memerlukan sebuah kamar kecil di sisi kolam sebagai ruang perlengkapan dimana Anda menyimpan peralatan perawatan dan perangkat pompa serta mesin pemanas. Menyatukan semua dalam satu ruangan akan memudahkan Anda mengakses seluruh keperluan kolam di lahan Anda yang terbatas.

(sumber gambar : id.pinterest.com)