Penataan Interior Kamar Tidur Minimalis Sederhana 3×3 M

Wednesday, November 23rd 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

kamar tidur minimalis sederhanaKami sempat mengulas mengenai 3 tips dalam menata kamar tidur minimalis sederhana dengan ukuran 3 x 3 meter. Kami akan kembali melanjutkan sejumlah ide dan gagasan seputar penataan kamar berukuran mungil untuk Anda di sini.

Konsep tata kamar mungil memang bukan perkara sederhana. Anda perlu cukup jeli memahami kebutuhan Anda, daya tampung kamar dan solusi untuk memadukan keduanya sekaligus. Dan tetap mengedepankan kepentingan bahwa sebuah kamar harus tetap terasa nyaman dan memberi efek relaks sehingga sesuai untuk fungsi utama ruangan, sebagai area istirahat.

Dan beberapa gagasan berikut bisa menjadi pilihan lain dalam menata kamar tidur minimalis sederhana dengan cara modern yang apik.

  1. Jangan takut dengan detail
    Anda sudah menghias kamar Anda dengan cat atau wall paper dalam warna lembut dan netral. Saatnya memberi sentuhan pribadi dalam kamar Anda dengan gaya dan pernik yang paling Anda gemari.
    Berikan detail cantik pada meja konsol Anda dengan bebungaan segar yang sederhana namun sesuai selera Anda. Biarkan kehadirannya menjadi detail cantik dalam kamar. Atau ganti bebungaan dengan sebuah stoples kaca bening yang berisi pernik unik kesayangan Anda. Sebut saja koleksi kerang atau koleksi origami kegemaran Anda.
    Anda bisa pula menambahkan pajangan unik yang memasang koleksi keramik pribadi, koleksi kalung kesayangan Anda, quote pribadi Anda hingga ukiran cantik favorit Anda. Bilapun Anda perlu memasukan detil rumit dalam ruangan, selama ukurannya tidak berlebihan dan hadir tanpa mendominasi tentu saja masih cenderung aman untuk interior kamar tidur minimalis sederhana.
  2. Pasang cermin besar
    Konsep klasik dengan memasang cermin berukuran besar pada ruangan tak per nah gagal memberi visual ruangan menjadi terkesan luas dan lapang. Bayangan cermin yang muncul sebagai refleksi ruangan membuat kesan ruangan meluas dua kali lipat dan inilah pula alasan kenapa Anda juga disarankan untuk memasang cermin pada kamar tidur minimalis sederhana.
    Untuk amannya, hindari bingkai cermin dengan detil berat dan penuh ukiran. Karena ukiran akan membuat ruangan terkesan lebih penuh. Anda bisa pilih bingkai kayu dalam warna terang atau bahkan dengan bingkai kaca patri yang memberi efek visual seolah kaca tidak bertepi.
  3. Tambahkan cahaya yang menyebar
    Menggunakan cahaya yang terpusat pada satu titik di atas ruangan kadang justru memberi efek ruangan jengah dan akhirnya menyebabkan ruangan terasa sumpek. Coba ganti ide klasik tersebut dengan membagi pencahayaan dalam sejumlah titik pada tepian ruangan. Biarkan cahaya berada dalam rona redup yang lembut, karena toh akhirnya lampu-lampu ini akan menyatu dalam dan membentuk pencahayaan bersama.
  4. Gunakan rak kecil bertingkat untuk menata make up dan pernik Anda
    Meja make up Anda bisa jadi akan berukuran sedikit lebih kecil dan dengan make up serta parfum yang bertebaran di atasnya dengan acak, jelas akan membuat ruangan terkesan tidak rapi. Dalam kamar tidur minimalis sederhana, kesan rapi menjadi aspek penting dalam keseluruhan tata interior.
    Atasi keluhan ini dengan membeli rak bertingkat berukuran kecil. Masih dengan prinsip yang sama, bila konsep horizontal sudah jelas mustahil Anda harus memilih konsep vertikal. Rak vertikal akan membuat make up dan parfum Anda tertata dalam satu spot kecil tanpa memakan lebih banyak ruang simpan.
    Anda bisa memilih rak dalam tema yang sesuai dengan konsep kamar tidur Anda. Anda bisa gunakan keranjang anyaman bertingkat meja bertingkat yang sebenarnya diperuntukan untuk kue atau dengan ambalan besi bertingkat bergaya klasik yang unik.
  5. Manfaatkan sudut ruangan
    Sudut ruangan adalah salah satu bagian yang kadang tidak tereksplorasi dengan optimal. Kadang titik ini terlewatkan begitu saja tanpa memberi Anda manfaat lebih. Padahal cukup dengan menambah sejumlah ambalan bertingkat secara vertikal saja, Anda sudah bisa mendapatkan rak multifungsi yang sekaligus juga bisa membantu Anda menghemat ruang.
    Ambalan atau rak pada sudut ruang kamar ini bisa Anda jajarkan dengan ranjang. Dengan demikian fungsinya sekaligus bisa sebagai konsol di sisi ranjang. Dengan membuatnya bersusun Anda bisa menggunakan sisa rak untuk fungsi storage lain. Atau untuk menambahkan beberapa aksesoris yang bisa menguatkan konsep dan tema ruangan kamar tidur Anda.
  6. Gunakan furniture yang bisa berkembang
    Pilihan lain untuk menghemat kapasitas ruang adalah dengan menggunakan furniture-furniture yang bisa Anda sesuaikan ukurannya. Ada banyak teknik yang biasa diterapkan untuk mengubah kapasitas sebuah furniture. Bisa dengan dilipat, digeser, dibuka dan lain sebagainya.
    Misalkan mengubah meja konsol kecil di sisi ranjang menjadi meja berukuran sedang untuk Anda bekerja. Atau sebuah meja yang tersembunyi di dalam bilah-bilah rak buku. Meja bisa Anda masukan ke dalam rak dan berkamuflase di dalamnya, untuk kemudian Anda tarik ketika Anda butuhkan.
    Konsep ini efektif untuk menghemat ruangan, karena ketika tidak Anda butuhkan furniture bisa Anda simpan tersembunyi atau setidaknya Anda kecilkan ukurannya. Sehingga akan efektif membantu Anda mendapatkan ruangan luas untuk aktivitas Anda yang lain.

Itu tadi 6 inovasi dan gagasan brilian yang bisa Anda gunakan ketika Anda berencana untuk melakukan penataan interior kamar tidur minimalis sederhana dengan ukuran kamar pada kisaran   3 x 3 meter.

tags: , , , ,