Ornamen Yang Cocok Untuk Taman Depan Rumah Minimalis

Tuesday, December 20th 2016. | Rumah Minimalis

taman depan rumah minimalis gambarApa saja yang bisa Anda jadikan ornamen atau media pembuatan taman depan rumah minimalis sementara lahan yang Anda miliki sangat terbatas? Ternyata Anda masih bisa memiliki sebuah taman dengan keterbatasan lahan asal Anda cukup cerdik menyiasati keterbatasan yang ada.

Dan sejumlah ornamen serta media berikut ini terbukti bisa menjadi sarana menarik untuk Anda menghadirkan taman depan rumah minimalis yang memikat meski hanya dalam ukuran mini.

  1. Pot panjang
    Beberapa gaya tatanan taman depan rumah minimalis memang kerap hanya mengandalkan jajaran pot yang memamerkan deretan tanaman pendek dalam aneka bentuk, ketinggian dan warna.
    Namun, untuk memberi efek harmonisasi yang berbeda, Anda bisa gunakan pot berukuran memanjang dimana Anda bisa menjajarkan beberapa jenis tanaman dalam aneka bentuk dan warna sebagai sebuah perpaduan. Atau dengan menanam beberapa jenis tanaman bebungaan jenis perdu yang akan bergerumul dan membentuk struktur yang cantik dan rimbun.
    Cukup tata beberapa pot panjang tadi secara berderet atau bersusun pada sebuah rak , dan Anda sudah berhasil menghadirkan sebuah taman depan rumah minimalis yang memikat dalam cara yang sederhana.
  2. Pot di atas pethouse
    Kadang Anda menghadirkan sebuah kandang binatang seperti sarang burung atau kandang anjing pada taman depan rumah minimalis. Dan di sini Anda bisa memanfaatkan keberadaan pet house ini sebagai area taman kecil. Ini membantu Anda menghemat ruang terbuka Anda yang terbatas sekaligus menghadirkan pet house untuk menyatu dengan taman depan rumah Anda secara alami.
    Caranya sangat sederhana, cukup pasangkan media tanam pada sisi atas kandang anjing atau pada sisi bawah sarang burung gantung. Tanamkan jenis tanaman yang berjuntai untuk memberi kesan alami. Biarkan tanaman menghias pet house, menjuntai dengan cantiknya.
  3. Taman menara
    Sebagaimana sempat kami ulas pada bahasan sebelumnya mengenai ide taman depan lainnya, Anda bisa menemukan ide lampu taman berbentuk taman menara. Memang konsep sderhana ini bisa Anda jajal sebagai ide taman minimalis yang cantik pada taman depan rumah minimalis.
    bangun sebuah menara dengan rak-rak di sisi tengahnya untuk menyimpan deretan pot atau kantung tanaman. Atau jadikan dinding menara sebagai bingkai-bingkai bag tanaman dimana nantinya Anda padati dengan jenis tanaman tempel seperti jenis kaktus dan tanaman paku-pakuan. Anda juga bisa gunakan jenis tanaman rambat berbunga seperti morning glory atau mawar rambat untuk mengisi area dinding menara.
  4. Pot dinding
    Bangun dinding pembatas antar rumah yang disertai dengan sejumlah pot build in. Keberadaan pot-pot build in ini bisa menjadi media hidup tanaman berjuntai yang akan memikat dan mempercantik dinding rumah.
    Padukan tanaman jenis daun-daunan dengan jenis tanaman berbunga. Padukan pula jenis tanaman berjuntai, tanaman perdu pendek, tanaman rerumputan dan jenis tanaman rambat dengan harmonis untuk mendapatkan tampilan taman vertikal yang apik. Hindari berlebihan dengan tanaman rembat karena akan memberi kesan berat dan penuh
  5. Pot gantung
    Keberadaan pot gantung juga bisa menjadi ide menarik untuk Anda memajang tanaman gantung seperti jenis rambat dan berjuntai. Keberadaanya memberi kesan nuansa rimbun pada hunian sisi depan.
    Selain tentu saja tanaman gantung akan membantu Anda menghijaukan sisi depan rumah Anda tanpa harus bergantung pada tanah. Ini jelas menjadi solusi terbaik kala Anda cukup kesulitan menghadirkan taman depan rumah minimalis pada area terbuka sisi depan hunian.
    Biasanya pot gantung ini digantung pada sisi atap teras, area kanopi dari garasi, area depan jendela, pintu gerbang masuk, pada pagar rumah atau secara khusus ditata pada sebuah rak-rak menggantung.
  6. Gerbang bunga
    Cara lain yang tida kalah menarik ketika Anda ingin menghadirkan sebuah taman depan rumah minimalis pada lahan terbuka yang terbatas adalah dengan membangun sebuah gerbang rumah yang dipadati oleh tanaman.
    Gerbang bisa dibuat dari kawat yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menopang tanaman merambat dengan baik. Atau dengan menggunakan jenis pergola untuk mendapatkan efek merambat yang lebih estetis. Tambahkan tanaman jenis teh-tehan yang bisa Anda bentuk pada sisi kanan dan kiri gerbang untuk menguatkan keberadaan gerbang bersangkutan.
  7. Sudut tanaman
    Tata beberapa ban bekas secara bersusun. Atau susun beberapa batuan batako bolong secara berundak. Lalu isi lubang yang tersedia tadi dengan tanah dan jadikan lubang-lubang tadi sebagai media tanam. Pilihan lain adalah menyusun pot-pot dalam beberapa ukuran dan jadikan media tanam.
    Prinsipnya, mengingat adanya keterbatasan lahan, sudut tanaman ini dibuat berundak supaya bisa memberi ruang cukup luas untuk beragam tanaman sekaligus. Biasanya tanaman dipilih dari jenis tanaman palem mini, tanaman perdu dan rumput-rumputan yang akan berpadu cantik dalam konsep mini garden semacam ini.

Masih ada banyak sekali ide sebenarnya yang bisa Anda aplikasikan dalam sebuah penataan taman depan rumah minimalis. Kembangkan ide dan inspirasi Anda untuk menemukan konsep unik pada pembuatan taman depan rumah minimalis.