Nuansa dalam Taman Minimalis Belakang Rumah

Friday, December 9th 2016. | Gorden Rumah

taman minimalis belakang rumah gbrTaman Minimalis Belakang Rumah – Anda bisa jadi tidak punya cukup ruang untuk menghadirkan area hijau di sisi depan rumah. Tetapi Anda masih mungkin bukan untuk memiliki area hijau untuk bersantai pada sisi belakang. Sangat menarik bila Anda masih bisa memiliki sedikit lahan di sisi belakang karena memiliki taman minimalis belakang rumah akan memberi Anda ruang khusus dalam rumah untuk relaksasi sembari bercengkerama bersama keluarga dan kerabat.

Lalu seperti apa tatanan taman minimalis belakang rumah yang bisa Anda aplikasikan di pekarangan belakang hunian Anda? Beberapa ide simpel berikut adalah inspirasi menarik yang bisa Anda aplikasikan pada hunian Anda.

  1. Taman dengan konsep taman air
    Centerpiece dari taman belakang semacam ini adalah sebuah kolam yang dilengkapi dengan air terjun atau air mancur. Keberadaan gemericik air yang menghiasi pendengaran Anda adalah fokus utama dari taman semacam ini. Biasanya dinding yang menjadi latar belakang taman akan dihiasi dengan dengan taman vertikal juga jajaran air terjun yang bersusun. Kemudian di sekitar kolam air akan ditata sejumlah tanaman perdu dan jenis bambu air untuk memberi kesan nuansa taman air yang natural. Sedang pada sisa area akan dihiasi dengan tatanan batuan, kayu atau rumput yang menghampar layaknya permadani.
  2. Taman berkonsep Zen
    Taman belakang berkonsep Zen ini sebenarnya juga bisa berbentuk taman air. Hanya saja nuansa di sini ditekankan pada konsep keseimbangan dan harmonisasi antara nuansa hijau, bebatuan dan air yang kuat. Unsur tanaman berbentuk kaku seperti cemara udang akan tampil memikat sebagai pencuri perhatian di sudut. Biasanya jenis tanaman yang digunakan ditekankan pada jenis yang rapi dan tertata. Dengan penataan layout yang cenderung sangat rapi dan mendekati posisi simetris. Konsep yang berangkat dari tata pertamanan ala Jepang ini juga biasanya menghadirkan konsep penataan  yang sedikit kaku dan bersih.
  3. Taman pergola
    Centerpiece dari taman minimalis belakang rumah ini adalah pergola yang berada pada salah satu sudut taman. Pergola inilah yang menjadi area santai bagi Anda selama berada di taman minimalis belakang rumah ini. Pergola biasanya akan dihiasi dengan penataan tanaman merambat dan berjuntai yang menjadikan taman belakang tampil cantik dan rimbun. Kadang tanaman rambat sengaja dipilih jenis tanaman berbunga macam morning glory atau jenis melati irian yang berjuntai sehingga memberi kesan estetis yang kuat pada taman. Anda bisa jadi akan menghadirkan sebuah kolam untuk menyempurnakan kecantikan taman belakang ini. Tetapi kadang yang Anda imbuhkan hanya jajaran tanaman perdu yang mengelilingi pergola. Sedang pergola sendiri bisa berbentuk serupa dengan bale-bale tradisional atau malah bentuk pergola khas Eropa yang berkesan mewah. Anda juga bisa memakai pergola bergaya tropis dari bahan bambu.
  4. Taman tropis
    Taman tropis jelas berbeda dari jenis taman lainnya. Taman minimalis belakang rumah yang bergaya tropis akan memiliki nuansa lebih teduh, rapat dan rimbun. Anda bisa memadukan beberapa jenis tanaman dengan beragam ukuran warna dan bentuk dalam sebuah perpaduan yang terkesan acak. Nuansa semi taman hutan adalah konsep dasar dari taman bertema tropis. Biasanya Anda akan membutuhkan jenis tanaman palem sebagai titik tertinggi beberapa jenis tanaman pisang-pisangan dan jenis tanaman perdu berbunga untuk menguatkan nuansa tropis. Kalau ingin memberi kesan lebih minimalis, Anda bisa buat tatanan taman terpetak-petak dengan beberapa area berlantai batu dimana Anda bisa tata kursi-kursi kayu atau batu yang menjadi area duduk Anda. Tambahkan payung duduk dengan juntaian tanaman rambat untuk meneduhkan Anda ketika duduk santai di dalam taman minimalis belakang rumah bergaya tropis ini.
  5. Taman rahasia
    Ide dasarnya adalah menghadirkan konsep secret garden khas Eropa klasik dalam hunian Anda. Taman minimalis belakang rumah dengan konsep ini biasanya berdinding tanaman rambat yang padat, kadang berupa tanaman rambat berbunga seperti mawar rambat, clementis atau soapwort. lalu beri paduan tanaman cemara lilin yang langsing dan tinggi untuk memberi nuansa Eropa klasik yang kuat. Biasanya cemara ini ditanam dalam pot untuk mencegahnya tumbuh tinggi berlebihan. Beberapa jenis tanaman yang juga bisa Anda hadirkan adalah pucuk merah, gardena mini, teh-tehan, melati belanda atau jenis pangkas kuning. Untuk menguatkan nuansa Eropa klasik, tata rerumputan pada dasar taman, sertakan lampu taman bergaya klasik Eropa dan tata pepohonan dengan bentuk yang teratur. Hindari tanaman berbentuk palem karena kurang selaras dengan konsep secret garden ini.

Selaraskan pilihan taman minimalis belakang rumah dengan tatanan keseluruhan hunian Anda. Sebaiknya untuk Anda dengan lahan belakang terbatas, pilih jenis tema taman minimalis belakang rumah yang simpel dengan tatanan yang tidak terlalu padat supaya tidak terkesan penuh. Kadang taman belakang yang terlalu rimbun malah bisa menjadi sumber nyamuk untuk sisi dalam rumah.