6 Ide Untuk Model Tangga Minimalis Modern

Tuesday, November 29th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

model tangga minimalis modern picModel Tangga Minimalis Modern – Tangga adalah salah satu komponen penting dalam sebuah hunian berlantai dua dan lebih. Kehadiran tangga menjadi bagian penyambung antara bagian lantai pertama dan kedua, juga berkembang menjadi salah satu komponen estetis ruangan yang menguatkan keseluruhan konsep dari hunian.

Dan karenanya kita jelas tak lagi bisa sekedar membangun tangga dalam bentuk ala kadarnya. Kita membutuhkan sebuah model tangga minimalis modern yang selaras dengan konsep hunian secara keseluruhan.

Tak mudah memang menghadirkan sebuah tangga dalam sebuah hunian, apalagi bila Anda mendirikannya pada sebuah hunian berukuran mungil. Konsep minimalis belaka jelas bukan jawaban karena Anda membutuhkan sebuah tangga modern yang mampu memenuhi sejumlah pertimbangan seperti :

  1. Aspek fungsi
    bagaimanapun tangga berfungsi sebagai sarana menuju lantai dua. Dan karenanya harus pula mampu menjadi jalur yang aman, nyaman dan leluasa untuk digunakan setiap hari untuk naik dan turun penghuni. Masalah macam ini kerap menjadi persoalan pada hunian kecil dengan lahan terbatas sehingga perlu adanya tangga dengan keamanan yang tinggi dalam ruang terbatas.
  2. Aspek estetis
    Anda tetap harus mampu menghadirkan tangga dengan desain dan model yang selaras dengan keseluruhan desain interior dan arsitektur rumah. Bukan hanya itu, model tangga minimalis modern juga mampu hadir dengan desain yang membantu ruangan terasa lebih lapang.

Dan beberapa ide menarik yang belakangan muncul sebagai bentuk model tangga minimalis modern yang sesuai dengan kedua pertimbangan di atas bisa Anda lihat dalam beberapa contoh berikut.

  1. Desain tangga mengambang
    Desain unik ini menghadirkan tangga dengan konsep seolah mengambang. Anak tangga ditanamkan pada dinding tanpa ada struktur penyangga atau kaki. Tangga dengan desain ini memang membutuhkan instalasi yang cukup rumit demi memastikan tangga tetap mampu bertahan menyangga beban tanpa adanya kaki. Dengan menghadirkan desain unik ini, tangga memberi sangat banyak ruang sisa untuk fungsi lain, atau sekedar memberi ruang lega dan lapang pada ruangan. Tangga mengambang juga memberi efek visual lapang dan ringan yang selaras dengan konsep minimalis pada hunian berukuran terbatas.
  2. Desain spiral
    Sebenarnya konsep tangga spiral bukan model baru di dunia desain arsitektur. Anda sudah pasti mengenal desain ini sejak puluhan tahun lalu. Namun belakangan desain unik ini sudah diadaptasi dengan desain lebih nyaman dan aman dengan mengatasi sejumlah kekurangan dari struktur tangga spiral. Mulai dari perubahan bentuk anak tangga yang lebih nyaman untuk dipijak, ukuran lingkar tangga spiral, railing yang lebih kokoh dan sejumlah pertimbangan lain telah banyak disesuaikan sebagaimana kebutuhan penghuni.
  3. Desain tangga dengan storage
    tangga dengan desain ini mengedepankan sisi fungsional dari setiap sudut ruangan. Untuk memastikan tangga memang berfungsi dengan optimal, tangga difungsikan sekaligus sebagai storage atau ruang simpan. Beberapa konsep dari tangga storage ini adalah dengan memasang ruang simpan tepat pada sisi penyangga tangga dengan memasang lemari pada struktur penyangga tangga. Model tangga minimalis modern dengan ide serupa adalah dengan memasang storage pada setiap bagian anak tangga.
  4. Desain tangga dengan dua trap
    Konsep tangga satu ini bisa dikatakan unik. Karena bagian bawah dari anak tangga dibuat kokoh dengan kaki tangga dan bentuk tangga konvensional. Kemudian setelah memasuki setidaknya anak tangga ke 4, tangga memasuki area penyambung dan bertemu dengan tangga mengambang sampai ke lantai kedua. Konsep ini memberi efek tangga tetap terkesan kokoh dan kuat menyangga beban di atasnya. Sekaligus memberi Anda satu area kosong yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa jadikan area kosong ini sebagai area membaca, perpustakaan atau malah ruang kerja atau ruang belajar. Dengan lokasi sedikit tersembunyi di bawah tangga ruang kecil ini akan terasa lebih privat dan terasa cukup nyaman untuk menyepi seperti untuk membaca atau belajar.
  5. Desain tangga curam
    Bagi Anda yang tidak punya cukup pilihan untuk menyediakan tangga berukuran normal dengan kemiringan wajar dan aman, rasanya memang Anda hanya bisa menggunakan tangga berbentuk curam untuk hunian Anda. Biasanya kondisi ini terkait dengan keterbatasan ruang yang tersedia tak memungkinkan untuk Anda menyediakan tangga dalam kemiringan dan ukuran normal. Tentu saja tangga curam adalah pilihan buruk dilihat dari sisi keamanan. Mau tidak mau tangga menjadi cukup sulit didaki dan berbahaya. Untuk itu, Anda harus menyediakan tangga dengan desain khusus supaya bisa mengurangi resiko kecelakaan. Misalkan dengan mengadaptasi anak tangga sehingga dibuat berbilah untuk membantu pengguna merasa lebih nyaman menaiki tangga.
  6. Desain tangga bening
    Desain tangga satu ini termasuk unik dan beberapa orang melihatnya beresiko, walau sebenarnya selama Anda bangun dengan struktur tepat sama sekali tidak berbahaya. Desain ini dibuat dari struktur baja ringan atau jenis metal kuat dengan anak tangga terbuat dari kaca bening atau fiberglass berkualitas. Efeknya seolah tangga berkamuflase dengan keseluruhan ruang sehingga terkesan hampir tidak ada atau menjadi terkesan sangat ringan. Ide unik ini bisa membantu Anda semakin memberi efek visual lapang pada hunian.

Itu tadi sejumlah ide unik yang bisa menjadi model tangga minimalis modern untuk hunian minimalis berukuran mungil. Sesuaikan tangga untuk memenuhi kedua pertimbangan diatas sebelum memilih model terbaik untuk hunian Anda.

tags: , , , , , , ,