Model Rumah Minimalis Sederhana : Maksimalkan Warna Biru !!

Monday, September 19th 2016. | Cat Rumah, Rumah Minimalis, Tips dan Trik

Model Rumah Minimalis Sederhana Warna BiruSalah satu pilihan warna yang paling nyaman dan digemari banyak orang untuk diterapkan dalam model rumah minimalis sederhana adalah warna biru.

Nuansa yang terkesan sejuk membuatnya dianggap cocok menyempurnakan konsep dari model rumah minimalis sederhana. 

Namun, ternyata tak selamanya penerapan warna biru pada hunian minimalis bisa menghasilkan nuansa yang tepat. Warna biru kadang kala memberi kesan ruangan terlalu dingin dan gelap sehingga justru berlawanan dengan konsep rumah minimalis yang ringan.

Lalu bagaimana cara yang lebih tepat untuk menerapkan warna biru pada rumah bergaya minimalis? Sejumlah tips berikut bisa membantu Anda menerapkan nuansa biru dalam model rumah minimalis sederhana dengan cara yang simpel.

  1. Seimbangkan dengan warna netral.
    Meski warna biru selalu membangun nuansa segar dan dingin, tetapi Anda tetap perlu untuk menjaga keseimbangan penggunaan warna biru pada rumah minimalis dan berukuran mungil. Karena warna biru dalam intensitas berlebihan akan memberi kesan rumah menjadi sempit dan membangun efek tekanan tersendiri pada penghuninya. Untuk itu, seimbangkan warna biru dengan warna netral. Biasanya para desainer akan menyarankan warna hitam dan putih sebagai pilihan teraman. Warna putih membantu rumah terkesan lebih lapang dan warna hitam akan memberi efek menguatkan nuansa segar dan elegan tanpa membuat Anda berlebihan dengan warna biru. Tetapi beberapa perancang lain juga memberanikan warna kayu dan terakota dalam gradian warna kecokelatan dan krem untuk efek yang lebih natural. Gunakan warna krem pucat sebagai nuansa utama dengan aksen kayu dan terakota sebagai tambahan.
  2. Kuatkan nuansa dengan efek hijau.
    Warna biru sebenarnya merupakan bagian dari nuansa alami. Jadi tidak ada salahnya untuk membantu menguatkan nuansa dengan memberi sentuhan hijau pada ruangan. Bisa dengan menambahkan terarium atau setidaknya sebuah vas dengan bebungaan cantik berdaun lebar di dalamnya. Warna hijau akan memberi kesan ruangan lebih segar dan nyaman, membantu menetralkan warna biru yang ketika Anda aplikasikan dalam intensitas berlebihan terkesan terlalu modern dan kaku.
  3. Bermain dengan aksesoris.
    Untuk Anda yang ingin menghadirkan nuansa biru pada ruangan kecil, Anda bisa gunakan aksesoris bernuansa biru tanpa mengubah cat dan warna dominan dari ruangan. Ini akan membantu Anda mempertahankan efek visual ruangan terasa lapang. Tetap pilih warna netral  pada dinding dan bagian-bagian dominan lain dari ruangan. Lalu manfaatkan cushion atau bantal kursi, beberapa keramik kecil, korden, lukisan hingga karpet dalam sentuhan warna biru. Bahkan kadang satu vas cantik dengan bunga bernuansa biru di dalamnya sudah mampu memberi efek cantik pada ruangan. Pastikan Anda memilih warna dengan bijak dengan bermain corak dan gradasi warna antara satu ornamen dengan ornamen yang lain, karena kembali pada penjelasan sebelumnya, intensitas berlebihan pada warna biru akan membangun kesan kaku dan tekanan yang kuat pada ruangan.
  4. Gunakan furnitur berwarna biru.
    Cara aman lain untuk menghadirkan nuansa biru pada ruangan minimalis adalah dengan menggunakan furnitur berwarna biru. Cara ini jauh lebih aman ketimbang Anda mengecat dinding dalam warna biru. Pastikan Anda memilih furniture dengan fasad yang langsing atau justru gunakan furniture dengan warna biru yang lembut. Seimbangkan dengan aksesoris seperti karpet, bantal atau sekedar aksesoris meja dengan warna biru yang berpadu dengan putih. Atau kalau Anda lebih berani, coba padukan furniture biru polos dengan aksesoris bercorak kecil. Tak harus corak dalam monokrom yang sama, paduan warna kuning hingga pink masih bisa bermain di sana selama dalam nuansa yang tidak berlebihan.
  5. Bermain dengan corak.
    Yang kadang ditakutkan oleh banyak orang dalam menambahkan nuansa biru pada model rumah minimalis sederhana mereka adalah bilamana warna menjadi berlebihan. Untuk itu, netralkan permainan biru Anda dengan memadukan beberapa corak dalam nuansa biru yang sama atau dalam gradasi yang selaras. Beberapa desainer memadukan biru dalam bentuk garis dan geometri dengan biru bercorak klasik.  Atau memadukan biru dengan polkadot bersama biru dalam corak bebungaan. Permainan corak memberi kesan ringan pada warna biru yang intens.
  6. Gunakan prinsip terbaik.
    Ingin menjajal ide yang lebih berani? Gunakan cat warna biru pada dinding dan seimbangkan dengan furniture serta aksesoris yang netral. Terkesan terbaik memang, tetapi ternyata ide ini juga bekerja secara unik menghadirkan nuansa biru yang aman untuk model rumah minimalis sederhana. Furniture dalam warna putih atau kayu yang pucat akan menyeimbangkan dinding yang sudah Anda cat dalam warna biru yang kuat.  Tambahkan aksesoris pada dinding dalam nuansa selaras dengan furniture untuk menguatkan kesan netral tadi.

Demikian sejumlah tips untuk Anda bisa menghadirkan nuansa warna biru dalam model rumah minimalis sederhana. Permainan warna biru dengan cara yang bijak akan memberi nuansa cantik pada rumah minimalis dan tetap menghadirkan nuansa lapang dan lega.

tags: , , ,