Memilih Warna Cat Rumah Yang Baik Untuk Nuansa Rustic

Wednesday, November 23rd 2016. | Cat Rumah, Rumah Minimalis

rumah nuansa rustic pictureSebelum kita lebih jauh membahas mengenai cara memilih cat rumah yang baik untuk nuansa rustic, sebaiknya mari kita pahami dulu apa itu nuansa rumah dalam konsep rustic. Ini akan membantu Anda memahami kemana arah desain yang akan kita imajinasikan dalam ruangan Anda.

Gaya rustic pada dasarnya mengangkat adaptasi konsep pertanian dan peternakan ala Amerika. Nuansa bangunan yang memiliki elemen bangunan serupa dengan bangunan gudangĀ  lumbung makanan dan kandang membuat bangunan asli dari konsep rustic akan terbangun dari unsur kayu dan batu yang kuat, tanpa finishing yang maksimal dan kesan alami yang kental.

Anda bisa saja menemukan elemen bangunan yang berasal dari gelondongan kayu utuh, bongkahan batu dalam keadaan alaminya yang tersusun begitu saja, sampai langit-langit yang sengaja dibuat terbuka dan tinggi tanpa plafon.

Dan tak sampai disana, nuansa rustic semakin kental dengan kehadiran furniture dan aksesoris ruangan yang memiliki fasad serupa, seperti meja dari akar kayu jati, lemari dari kayu bekas yang kambiumnya dibiarkan jelas bahkan dibiarkan berlubang begitu saja. Setiap elemen kayu dan batu dibiarkan dalam warna alaminya tanpa finishing berkilap atau ukiran yang mengubah bentuk asli kayu berlebihan.

Konsep ini belakangan memang sedang naik daun. Banyak hunian yang ingin mengadopsi konsep rustic ini dalam rumah mereka karena jatuh cinta dengan nuansa alami yang terbangun. Sayangnya, konsep ini ternyata hanya cocok Anda adopsi mentah pada hunian berukuran besar. Fasad kayu alami yang cenderung besar dan nuansa batu dan kayu alami yang terkesan menyempitkan jelas tidak akan cocok Anda aplikasikan pada rumah berukuran kecil.

Kabar buruknya, sebagian besar rumah modern di masa kini hanya memiliki ukuran terbatas. Jadi rasanya memang akan sangat sulit mengadaptasi konsep ini begitu saja mentah-mentah. Lalu apakah Anda tidak bisa mengaplikasikan konsep rustic pada rumah mungil Anda?

Kenapa tidak? Yang Anda butuhkan hanya sedikit penyesuaian agar nuansa bangunan tetap cantik sekalipun Anda menggunakan beberapa elemen khas dari nuansa rustic. Salah satunya dengan memilih warna cat rumah yang baik dan cocok untuk konsep nuansa rustic pada hunian modern minimalis berukuran mungil. Bagaimana cara memilih warna cat untuk nuansa rustic modern? Berikut beberapa pilihan untuk Anda.

  1. Warna latte
    Anda mungkin sering mengasup secangkir latte di pagi hari sebagai booster harian Anda. Ternyata warna yang cenderung akan menggugah kesegaran Anda di pagi hari ini juga cantik Anda aplikasikan pada rumah rustic.
    Nuansa latte memiliki perpaduan warna cokelat dalam gradasi muda, namun juga memiliki sentuhan nuansa tanah yang halus. Inilah yang menyebabkan nuansa warna latte sangat cocok untuk Anda terapkan pada dinding sebagai dasar penerapan sejumlah furniture dan aksen rustic.
  2. Warna kunyit
    Permainan warna kuning tua ke arah terakota yang bisa Anda terjemahkan dalam warna kuning kunyit bisa menjadi pilihan lain. Warnanya unik, karena nuansanya lebih terkesan alami ketimbang warna kuning itu sendiri. Juga terasa lebih ringan ketimbang warna terakota atau jingga.
    Anda padukan dengan warna putih dusty atau krem, cokelat kayu dan warna ungu kayu seperti burgundy untuk hasil lebih cantik. Setidaknya ini akan meringankan warna kuning yang terbilang mencolok.
  3. Putih dusty
    Cari warna putih yang memberi efek vintage atau seolah seperti berdebu untuk menjadi pilihan lain bagi Anda. Warna ini akan semakin cantik Anda aplikasikan pada dinding tanpa finishing atau dinding dengan permukaan bata. Nuansa dinding bata putih berdebu akan sangat cantik, selaras sekaligus modern pada konsep rustic untuk hunian kecil.
    Dengan nuansa putih alami macam ini, ruangan terkesan lebih luas sekaligus memberi Anda ruang sangat luas untuk bermain dengan beragam tekstur, warna dan fitur pada furniture dan aksen ruangan.
  4. Marsala
    Pernah mendengar warna marsala? Warna unik ini tergolong sulit diterjemahkan sebagai warna jingga, merah atau cokelat terang. Ada beberapa warna yang masuk dalam scheme marsala sehingga warna unik ini juga cocok Anda aplikasikan pada dinding ruangan rustic.
    Pilih warna yang lebih ringan dan pucat supaya ruang tidak terkesan penuh. Lalu tambahkan warna kuat pada satu bagian dinding yang berukuran lebih sempit. Kadang beberapa desainer justru memberi warna marsala pada dinding dimana Anda juga memasang ambalan dari kayu bekas berulir alami. Nuansa warna uniknya memperkuat nuansa yang sudah terbentuk dari ambalan kayu alami tadi.
  5. Gradasi cokelat
    Beberapa pilihan warna cokelat hingga terakota bisa menjadi pilihan untuk Anda memadukan ruangan rustic pada hunian modern minimalis. Pilih gradasi yang cukup kontras pada beberapa bagian dinding. Seperti dinding dalam warna pucat pada sisi yang luas dan warna yang lebih gelap dan kuat pada dinding berukuran sempit.
  6. Russian blue
    Warna biru tua yang sedikit berkesan industrial ini ternyata justru sangat unik Anda aplikasikan pada nuansa rustic. Nuansa yang terbentuk berbeda dari kebanyakan nuansa rustic karena efek modern cukup kuat sehingga ruangan akan terasa lebih modern dan kekinian. Jangan berlebihan dengan russian blue karena warna ini sangat pekat dan memberi efek sempit.

Memilih warna cat rumah yang baik dan bijak bisa menjadi pilihan tepat dalam menerapkan nuansa rustic pada hunian modern minimalis berukuran mungil. Karena warna akan membantu Anda menyeralaskan nuansa rustic pada ruangan terbatas.

tags: , , , ,