Membangun Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Monday, December 5th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

taman depan rumah minimalis lahan sempitMembangun Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit – Terbatasnya lahan memang kerap kali menjadi masalah dalam hunian modern. Anda bisa menilik berapa ukuran tanah pada hunian modern sekarang ini, sebagian besar hanya memberikan sisa lahan yang relatif sempit untuk area hijau. Ditambah dengan rencana pengembangan bangunan, kebanyakan dari Anda akhirnya bisa dikatakan hampir tidak memiliki lahan hijau sama sekali.

Rasanya pasti sangat gersang bila sebuah hunian tidak memiliki satupun area hijau. Dan salah satu solusinya adalah dengan membangun sebuah taman depan rumah minimalis lahan sempit yang memanfaatkan area-area di rumah Anda yang masih bisa disiasati untuk Anda gubah menjadi sebentuk taman berukuran mini.

Pertanyaannya dimana dan bagaimana sebaiknya membangun sebuah taman depan rumah minimalis lahan sempit dengan keterbatasan lahan yang semacam ini. Sementara jelas akan tidak nyaman bila sebuah hunian sama sekali tidak menghadirkan sedikit saja area hijau. Area hijau akan membantu hunian menjadi lebih segar dengan menjaga kualitas udara sekitar hunian.

Kalau Anda tidak menemukan ide dimana sebaiknya membangun taman depan rumah minimalis lahan sempit, beberapa ide berikut ini akan membantu Anda.

  1. Taman kecil di tepian dinding
    Tepi dinding biasanya masih menyisakan sedikit area sisa yang luasnya memang sangat terbatas. Kadang hanya berkisar pada ukuran lebar yang tidak lebih dari 30 cm. Tetapi siapa yang bilang lahan sesempit itu tidak bisa Anda manfaatkan sebagai ide taman depan rumah minimalis lahan sempit? Anda bisa manfaatkan area tepi dinding ini untuk tanaman yang meninggi seperti jenis cemara lilin atau tanaman jenis bambu air. Tanaman ini memberi efek hijau yang cukup kuat, membantu menutup sebagian fasad dinding dengan nuansa hijau yang cantik. Padukan dengan jenis tanaman perdu pendek untuk efek 3 dimensi pada area taman kecil ini. Kadang jenis perdu dengan nuansa warna seperti miana atau jenis tanaman berbunga kecil seperti melati jepang akan memberi sentuhan lebih manis.
  2. Pada area sekitar garasi terbuka
    Anda yang memiliki garasi terbuka atau jenis garasi semi terbuka, bisa memanfaatkan area ini sebagai area hijau taman depan rumah minimalis lahan sempit. Mulai dengan memanfaatkan kanopi garasi sebagai stand untuk tanaman rambat macam seperti jenis sirih merah, sirih gading atau jenis tanaman berbunga yang cantik semacam bunga morning glory, wisteria, melati irian dan bunga kuku macan. Pilihan lain adalah dengan menggunakan pot gantung yang memajang tanaman berjumbai semacam pakis, donkey tail atau jenis bebungaan berjumbai macam begonia, geranium atau lobelia.
  3. Pada dinding antara rumah
    Pada sisi kanan dan kiri area depan hunian Anda sudah pasti terdapat dinding tinggi yang membatasi antara rumah Anda dengan tetangga Anda. Di sinilah Anda bisa menghadirkan taman cantik yang memikat dan menyejukan di area ini. Ada banyak cara untuk menghadirkan taman depan rumah minimalis lahan sempit dengan model vertikal ini. Mulai dari ide tanaman rambat yang Anda hadirkan dengan sejumlah pot-pot memanjang di sepanjang dinding berisi tanaman rambat macam sirih gading, sirih kuning, nona makan sirih, atau bebungaan seperti mandavela, clementis dan bougenville. Ide lain adalah dengan menggunakan lahan sempit di depat dinding pembatas ini sebagai area tanaman hias tinggi seperti pada contoh 1 termasuk pilihan lain seperti jenis pisang-pisangan atau jenis tanaman holly termasuk jenis japanesse holly dan american holly.
    Masih merasa ide-ide tadi belum tepat Anda aplikasikan di area terbuka hunian Anda? Coba untuk memasang taman vertikal pada dinding Anda. Mulai dengan menanam jenis tanaman rambat yang ditanamkan pada dinding macam daun dollar atau jenis english ivy, bisa pula dengan menggunakan bingkai-bingkai tanaman yang diisi dengan perdu pendek atau rerumputan hias, juga diisi dengan jenis tanaman kaktus aneka warna.
  4. Pada pagar depan rumah
    Pagar rumah Anda biasanya terbuat dari bahan logam atau kayu yang bercelah. Manfaatkan area ini sebagai area hijau, lagi-lagi dengan memanfaatkan beragam pilihan tanaman rambat. Akan sangat cantik kalau Anda malah memilih pagar besi jenis murah meriah namun tertutup fasadnya dengan jenis tanaman rambat yang padat dan rimbun. Anda bisa memberi kesan pagar rumah Anda adalah tanaman hijau atau tanaman bebungaan yang akan memberi nuansa lebih tropis dan cantik pada hunian. Coba saja tutupi pagar Anda dengan tanaman rambat rimbun macam Portulaca, clementis, soapwort, morning glory, air mata pengantin dan masih banyak lagi.
  5. Pada lampu taman
    Kadang Anda memasang sebuah sumber penerangan pada area terbuka untuk fungsi sumber cahaya baik untuk area dalam dari eksterior rumah juga untuk membantu penerangan jalan. Anda bisa juga membuat sebuah stand lampu dengan bentuk seperti menara dimana lampu Anda letakan di sisi atas menara. Sedang bagian bawahnya bisa Anda manfaatkan sebagai area taman vertikal dengan memasang tanaman rambat atau frame-frame taman vertikal.

Anda masih penasaran ingin mendapatkan ide-ide menarik lain untuk membangun taman depan rumah minimalis lahan sempit pada rumah Anda yang berlahan terbuka terbatas? Ikuti lanjutan dari informasi ini di sini.

tags: , , , , , , ,