Ini Dia Yang Jadi Trend Pada Kamar Mandi Minimalis 2016

Tuesday, November 15th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

Trend Pada Kamar Mandi Minimalis 2016 gambarSiapa bilang trend hanya bisa Anda temukan dalam penataan interior rumah pada ruang keluarga, ruang tamu,kamar tidur atau malah pada ruang makan. Kamar mandi juga bisa memiliki sejumlah trend yang nyatanya justru memberi warna pada kamar mandi minimalis.

Pada kamar mandi minimalis 2016, kamar mandi dihadirkan dengan nuansa yang lebih hidup, berefek 3 dimensi sehingga memberi kesan ruangan lebih nyaman ditinggali. Sekaligus juga membantu Anda mendapatkan cukup efek visual untuk ruangan terasa lebih luas, lapang sekaligus nyaman digunakan.

Seperti apa trend untuk kamar mandi minimalis 2016 ini? Bagaimana memberi nuansa kekinian pada kamar mandi Anda? beberapa ide berikut bisa menjadi rujukan Anda dalam menata desain interior kamar mandi baru Anda.

  1. Corak tanpa efek kontras
    Anda mungkin pernah menemukan sejumlah ide-ide mengenai penataan ruang kamar mandi yang dengan berani memasang dinding bercorak kuat pada ruangan. Bahkan tanpa ragu memasang corak berani seperti nuansa mediterania atau nuansa ukiran Jawa yang terkesan penuh dan padat. Kini, konsep berani ini dianggap sudah ketinggalan jaman, karena seiring dengan semakin banyak orang mengeluhkan kamar mandi mereka yang semakin mungil, semakin terasa mustahil mengaplikasikan ide berani ini di kamar mandi. Jadi, kini trend 2016 bergeser pada ide corak yang berada dalam gradasi warna yang dekat. Tak ada lagi efek warna yang kontras, karena corak hanya berada dalam gradian warna yang sangat berdekatan. Tetapi ternyata permainan warna ini lebih efektif menghadirkan kesan 3 dimensi sekaligus memberi efek visual ruang lebih luas. Efek 3 dimensi ini menghadirkan nuansa lebih hidup pada ruangan.
  2. Furniture yang sederhana dan berprinsip natural
    Kini berkembang konsep natural yang kuat pada setiap konsep desain interior, tentu saja termasuk pula dengan desain interior kamar mandi minimalis 2016. Lupakan ide-ide unik tahun sebelumnya dengan furniture bergaya klasik atau sentuhan shabby chic yang berliuk berlebihan pada ruang kamar mandi Anda. Kini permainan kayu dengan desain natural, desain sederhana ala zen Jepang, permainan warna kayu dan batu alami, ruangan dengan efek granit yang bergradasi, dan berbagai konsep-konsep serupa justru banyak digemari. Nuansa natural pada ruangan kamar mandi akan tampil dengan minim detil. Dan ternyata ide ini memberi efek ruangan yang lebih ringan sehingga menambah kesan ruangan terasa lebih luas.
  3. Kamar mandi berbasis efek ringan
    Ide lain yang berkembang belakangan ini adalah menggunaan perangkat kamar mandi dan furniture yang memberi kesan ruangan ringan dan lapang. Untuk ini, kemudian berkembang ide wastafel dan toilet yang dibuat tanpa kaki sehingga seolah mengambang dengan hanya melekat pada dinding. Dengan cara ini, maka akan tersisa ruang kosong pada bawah wastafel maupun toilet yang justru memberi efek visual ruangan lebih luas. Biarkan ruang kosong ini tidak terpakai untuk menguatkan efek yang muncul.
  4. Permainan warna dengan efek 3 dimensi
    Masih selaras dengan konsep corak pada bahasan pertama, efek 3 dimensi bisa dihadirkan dengan memberi warna berbeda pada dinding dengan efek berlapis. Misalkan mewarnai dinding sisi luar dengan warna kelabu dan warna lebih muda pada bagian tengah. Perpaduan warna ini menghadirkan efek visual meluaskan dan memberi efek lapang yang nyaman. Hindari ruangan dalam monokrom yang sama untuk seluruh ruangan, biasanya terjadi dalam bentuk warna putih dimana seluruh bagian ruangan kemudian diwarnai dalam spektrum dan gradian putih yang hampir setara. Anda akan menemukan kamar mandi Anda terasa membosankan.
  5. Cahaya yang merata
    Bila selama ini Anda hanya menganggap satu buah lampu dengan cahaya medium sudah cukup menjadi sumber cahaya memadai untuk sebuah kamar mandi, maka kini Anda patut merubah pandangan Anda, setidaknya bila Anda ingin mengikuti trend kamar mandi minimalis 2016. Dikatakan dalam sejumlah sumber, di tahun 2016, trend mengarah pada pembagian sumber cahaya. Dari pada memasang sebuah lampu di atas ruangan dengan cahaya yang kuat, Anda bisa menggunakan beberapa titik lampu dengan cahaya lembut dan halus. Cahaya yang merata, tanpa efek shadow pada ruangan yang berarti dalam spektrum yang lembut adalah cara terbaik menghadirkan efek ruangan lebih nyaman dan lapang.
  6. Hidupkan kamar mandi Anda dengn sentuhan alami
    Sediakan satu sudut kecil di kamar mandi dan letakan sebuah vas bening lengkap dengan bunga cantik dalam kerumul kecil. Atau bila ada ruang lebih pasangkan sebuah pot tanaman dengan fasad daun dan bunga yang unik. Entah karena alasan efek alami atau demi memberi membantu memperbaiki kualitas oksigen, belakangan banyak desainer mengarahkan untuk memasang bunga cantik kecil atau setidaknya sebuah pot tanaman pada kamar mandi. Nyatanya kehadiran sentuhan hijau ini memberi atmosfer lebih hangat pada ruangan kamar mandi minimalsi 2016.

Jadi, apakah Anda berencana mengadaptasi trend 2016 ini pada kamar mandi Anda? Apakah Anda juga ingin menghadirkan nuansa baru kamar mandi minimalis 2016 pada rumah Anda? Bagian mana yang ingin Anda adaptasi?

tags: , , , ,