Ini Dia Ide-Ide Unik Taman Minimalis dalam Rumah

Thursday, December 15th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

taman minimalis dalam rumah gbrTaman Minimalis dalam Rumah – Tidak hanya taman di luar rumah, kadang beberapa orang juga ingin menghadirkan taman minimalis dalam rumah yang memberi nuansa asri, tropis dan kesan sejuk di dalam rumah. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda pahami ketika bicara soal penataan taman minimalis dalam rumah. Seperti keterbatasan cahaya dan masalah kebersihan.

Untuk itu, perlu untuk Anda pastikan jenis taman minimalis dalam rumah yang Anda pilih adalah jenis taman yang memang terkondisi dengan suasana dalam ruangan. Seperti sejumlah pilihan taman minimalis dalam rumah berikut ini.

  1. Terarium
    Pernahkah Anda mendengar konsep terarium? Ini adalah konsep taman dalam kaca, dimana Anda menata sebuah ekosistem kecil di dalam kaca seperti aquarium. Ini salah satu ide brilian untuk taman minimalis dalam rumah. Anda bisa membangun sebuah taman cantik bergaya negeri para peri, ekosistem padang pasir, akosistem taman air atau sekedar sebuah susunan tanaman tropis yang Anda susun minimalis. Anda memerlukan sejumlah bahan seperti tanah, pasir, batuan dan sejumlah tanaman yang bisa hidup dalam lahan sempit dan sumber cahaya terbatas. Saat ini ada sangat banyak tutorial pembuatan terarium di dunia maya termasuk youtube yang bisa menjadi panduan Anda. Pastikan pula Anda memahami teknik perawatannya mengingat di sini Anda perlu cukup tepat memperkirakan jumlah asupan air dan mineral ke dalam terarium.
  2. Pot berkaki
    Karena Anda ingin menghadirkan nuansa hijau di dalam rumah, salah satu cara terbaiknya adalah dengan memasukan sejumlah pot pada salah satu sudut rumah. Namun kadang penggunaan pot dan keberadaan area hijau dalam rumah menyebabkan rumah bagian dalam terasa kotor akibat tanah yang terjatuh. Untuk mencegahnya Anda bisa gunakan jenis pot berkaki. Anda bisa gunakan sejumlah menara batu alam yang sudah dilengkapi dengan detil ornamen yang cantik sebagai kaki pot. Bisa pula memanfaatkan sejumlah kaki besi yang terkesan lebih modern dan chic. Padukan beberapa jenis tanaman dalam ukuran dan bentuk berbeda, lengkap dengan ukuran pot dan ketinggian kaki berbeda sehingga menghadirkan paduan yang harmonis pada sudut area hijau ini. Pastikan Anda memilih jenis tanaman yang tahan untuk hidup dalam area yang tidak banyak terpapar matahari.
  3. Taman bergaya Zen
    Konsep Zen sendiri adalah konsep yang diadopsi dari filosofi keseimbangan taman ala Jepang, dimana taman menghadirkan paduan beberapa unsur termasuk air, batu dan tanaman hijau sekaligus. Konsep Zen ini sangat apik menjadi pilihan taman minimalis dalam rumah. Ambil salah satu sudut hunian, biarkan area ini sedikit lebih cekung dari area lainnya dalam rumah. Tata batuan putih dan batuan hitam sebagai dasar. Lalu susun secara harmonis unsur batuan bersama pot-pot berbahan tanah liat dengan aneka tanaman yang berbeda bentuk dan ukuran. Hindari bentuk tanaman yang terlalu rimbun dengan fasad terlalu besar. Imbangi dengan keberadaan air terjun kecil yang Andan sesuaikan dengan kebutuhan dan taman minimalis dalam rumah ini. Taman dengan konsep Zen cenderung lebih bersih dan rapi, sehingga tampak manis menghiasi area dalam rumah. Konsep Zen juga selaras dengan gaya hunian minimalis modern.
  4. Konsep fairy garden
    Belakangan selain ide terarium, juga muncul trend unik pembuatan fairy garden. Konsepnya adalah menghadirkan negeri dongeng yang unik di dalam pot. Biasanya pot berukuran besar, namun ditata sedemikian rupa dengan bantuan pot dan batu-batuan alam menjadi seperti area perbukitan miniatur. Lalu pada miniatur ini Anda bisa menata secara harmonis tanaman perdu pendek, kaktus-kaktus cantik aneka warna bersama dengan ornamen ala negeri peri seperti rumah-rumah kecil, kursi mini, pagar mini sampai tokoh peri kecil yang terbuat dari gips. Tatanan cantik ini bisa Anda hadirkan pada salah satu meja panjang di sudut rumah. Bisa pula Anda pajang di salah satu sudut ruang tamu. Pastikan Anda merombak fairy garden ini secara rutin karena biasanya dalam beberapa bulan bentuknya akan rusak akibat pertumbuhan tanaman dan akar.
  5. Vertical garden
    Ide vertical garden tidak melulu cocok pada area terbuka pada hunian Anda. Anda juga bisa memanfaatkan salah satu sisi dinding hunian Anda dengan vertical garden. Nuansa hijau yang hadir dari vertical garden ini juga bisa membuat hunian Anda terasa sejuk sekaligus terkesan lebih tropis dan natural. Untuk efek lebih bersih, pilih jenis vertikal garden yang cenderung tidak membutuhkan banyak air. Gunakan sejenis bag-bag besar yang berbentuk serupa dengan frame untuk memajang vertical garden, supaya ketika waktunya perawatan dan penyiraman tiba Anda bisa lepaskan dari dinding dan Anda keluarkan untuk mendapatkan paparan sinar matahari.
  6. Bonsai
    Ide yang satu ini sedikit mahal memang, karena biasaya tanaman bonsai itu cenderung mahal dan memerlukan perawatan ekstra. Tetapi dengan bentuknya yang unik, klasik dan terkesan elegan, bonsai jelas sangat cantik untuk Anda pajang di ruang dalam hunian Anda.