Ide Memikat Untuk Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah

Wednesday, February 15th 2017. | Kolam Renang minimalis, Tips dan Trik

Tertarik untuk menghadirkan sebuah kolam renang kecil di belakang rumah untuk area bersenang Anda dan keluarga?Tapi Anda terbentur dengan masalah ruang kolam yang berukuran kecil? Informasi berikut bisa jadi rujukan Anda.

Kolam renang memang bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin menghadirkan area rekreasi yang privat untuk Anda dan keluarga. Bisa saja area belakang rumah sekedar Anda sulap sebagai area terbuka untuk taman. Tapi kadang suasana rekreasi yang bisa Anda dapatkan tidak akan semenyenangkan bila saja area belakang Anda sulap menjadi kolam renang kecil.

Dengan lahan terbatas, memang Anda tidak bisa membangun kolam berukura n besar. Tapi dengan kolam renang kecil di belakang rumah yang Anda tata dengan tepat, kolam renang kecil ini tetap saja mampu menghadirkan suasana seru di hari-hari luang Anda.

Seperti apa ide-ide memikat yang bisa Anda aplikasikan pada kolam renang kecil di belakang rumah.

  1. Kolam Renang Berendam
    Ingat dengan konsep jakuzzi yang biasa Anda temukan di hotel-hotel besar. Anda bisa menghadirkan kolam berkonsep serupa pada area halaman belakang rumah Anda yang berukuran terbatas.
    Karena hanya sebagai area berendam, tentu saja Anda tidak membutuhkan kolam berukuran besar. Cukup untuk Anda dan keluarga bisa berendam bersama sembari bercengkerama bersama menikmati hari libur Anda yang singkat. Kadang Anda hanya butuh sebuah kolam kecil berbentuk bulat. Tambahkan perangkat penghangat air untuk mendukung kolam kecil Anda ini.
    Anda bisa tambahkan atap, jalur setapak yang tidak licin dan area hijau dengan tatanan taman yang cantik sebagai penyempurna suasana dalam area kolam belakang rumah. Letakan kolam di area strategis yang membuat Anda bisa menikmati kecantikan tatanan area taman di halaman belakang Anda. Ini akan memberi Anda waktu relaksasi yang menenangkan di waktu senggang Anda.
  2. Kolam Air Terjun
    Anda ingin area belakang rumah Anda terkesan lebih alami? Coba hadirkan sebuah kolam cantik yang dihiasi sebuah konsep ar terjun cantik yang dibuat tersusun dan mengalir mulus menuju area kolam.
    Bila tidak memungkinkan kolam renang tak harus dibuat luas dan dalam, kolam renang dengan kedalaman sedang saja sudah cukup asalkan Anda membuatnya cukup untuk setidaknya sebuah jalur renang meski hanya berjarak pendek.
    Karena titik pusat dari kolam renang terletak pada area air terjun yang dihiasi dengan batuan alam dan beberapa tanaman rambat serta tanaman perdu pendek dalam beberapa perpaduan warna. Letakan puncak air terjun pada posisi tinggi melekat pada dinding untuk memberi efek suara gemericik yang menenangkan di area kolam sekaligus membuat fasad air terjun terlihat jelas tanpa harus memakan banyak tempat secara horizontal.
  3. Kolam yang Memanjang
    Kolam kadang tidak bisa Anda buat dalam ukuran normal karena ukuran lahan halaman belakang yang terbatas. Coba buat kolam berbentuk memanjang. Ide ini akan membuat kolam tetap seru sebagai wahana berenang dan bermain air meski lahan terbatas.
    Anda bisa membedakan kedalaman dari kolam di satu sisi dengan sisi yang lain jadi si kecil juga bisa menikmati keseruan d lokasi kolam yang tidak terlalu dalam. Ide lain adalah dengan menambahkan ruang sisa dari kolam untuk kedalaman hanya sekitar mata kaki. Anda bisa letakan dua buah kursi santai serta meja atau mungkin beberapa perangkat mainan anak di lokasi ini.
  4. Kolam Berbentuk Kurva
    Siasati area halaman belakang rumah yang berukuran kecil dengan kolam yang berbentuk kurva. Kolam semacam ini akan menghasilkan kolam dengan sisi tepian yang bergelombang. Ide ini akan membuat area terbatas ini bisa Anda maksimalkan untuk beberapa fungsi sekaligus.
    Misalkan dengan meletakan beberapa tanaman cantik di celah-celah antar kurva. Jadilah area kolam renang kecil di belakang rumah Anda sekaligus bisa berfungsi sebagai taman cantik yang asri. Atau Anda bisa letakan beberapa ornamen kolam sepert patung, lampu atau kursi-kursi malas untuk mempercantik area kolam renang kecil di belakang rumah ini.
    Anda juga bisa menaikan sedikit dinding kolam sehingga sisi tepi kolam juga bisa Anda fungsikan sebagai area duduk. Ini membuat area kolam renang kecil di belakang rumah Anda sekaligus bisa menjadi arena santai Anda dan keluarga.
  5. Kolam Indoor
    Ide menarik lain adalah meletakan sebuah kolam renang kecil di belakang rumah dengan konsep indoor. Letakan kolam tanpa berbatasan dengan area dalam rumah. Bahkan Anda bisa meletakan kolam tepat di sisi area duduk keluarga atau ruang makan. Cukup bedakan ketinggian lantai atau jenis lantai dengan tipe anti slip pada are sekitar kolam.
    Sisakan sedikit lahan terbuka di sisi belakang untuk Anda jadikan area hijau dengan pintu-pintu kaca yang membuat kolam mendapat akses udara terbuka dengan leluasa. Sedang sisi atasnya bisa Anda jadikan lantai dua dengan berbagai fungsi ruangan pada umumnya. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan kolam renang kecil di belakang rumah mesk lahan yang Anda miliki sangat terbatas.

Bagaimana menurut Anda? Apakah kini Anda tertarik untuk mewujudkan impian manis Anda untuk memiliki sebuah kolam renang kecil di belakang rumah di lahan belakang rumah Anda yang terbatas?

(sumber gambar : gardenoholic.com)