Hindari 6 Desain Kamar Tidur Anak Minimalis Modern Ini

Wednesday, November 9th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

desain kamar tidur anak minimalis modern gambarMemiliki buah hati yang mulai tumbuh besar menuntut Anda untuk menyediakan sebuah kamar pribadi khusus untuk mereka. Di usia tertentu, seorang anak tidak lagi nyaman untuk berbagi kamar dengan orang tua mereka dan memilih mendapatkan privasi dengan memiliki kekuasaan penuh atas kamar pribadi mereka.

Yang menarik, ternyata perlu beberapa kejelian untuk bisa menata sebuah desain kamar tidur anak minimalis modern. Beberapa kondisi perlu Anda pahami sebelum memutuskan sebuah tata interior desain kamar tidur anak minimalis modern. Sebut saja ukuran kamar dan aktivitas yang bisa dilakoni si kecil nantinya di dalam kamar.

Kadang terjebak dalam pertimbangan ingin memuaskan kebutuhan anak atau malah terlalu sibuk dengan urusan menghemat ruang, Anda justru terjebak dalam beberapa kesalahan dalam menata desain kamar tidur anak minimalis modern. Beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari tersebut antara lain:

  1. Berlebihan dengan corak dan warna
    Anak memang akan sangat menyukai suasana ceria, penuh kemeriahan dan nuansa hingar bingar. Dan semua itu akan terwakili dengan memberi perpaduan warna dan corak dalam nuansa kamar si kecil. Untuk menjadi catatan Anda, ide ini sama sekali tidak salah selama Anda melakukannya dalam porsi yang tepat. Karena ketika Anda menorehkan terlalu banyak warna dan corak dalam ruangan, ruangan akan terasa hangat dan penuh. Dan pada akhirnya memberi efek ruangan terkesan sesak dan sempit. Tentukan warna favorit si kecil dan cobalah untuk bermain dalam gradian warna favoritnya. Tambahkan 1 – 2 warna yang bisa berpadu cantik dengan warna favoritnya untuk memeriahkan suasana. Kadang bila diperlukan salah satu warna paduan adalah warna netral lembut yang menjinakan suasana kamar.
  2. Melupakan pentingnya area bermain
    Si kecil tidak akan sekedar tidur ketiba berada dalam kamar pribadi mereka. Bisa jadi dengan memiliki kamar baru, si kecil akan tenggelam di dalamnya dengan kegiatan-kegiatan favoritnya. Anda perlu memfasilitasi si kecil dengan area yang memberinya ruang untuk bereksplorasi, menjalankan proyek-proyek kecilnya atau malah sekedar bermain atau mengembangkan hobi. Jadi penting untuk tetap menyediakan ruang yang cukup untuk Anda biarkan kosong sebagai area bermain dan eksplorasi mereka. Jangan penuhi kamar dengaan perabot yang akhirnya menyita seluruh ruangan tanpa sisa.
  3. Storage yang tidak bersahabat
    Si kecil jelas memiliki keterbatasan, seperti ukuran tubuhnya yang masih pendek atau kekuatannya yang terbatas untuk mengangkat beban berat tanpa bantuan. Kecuali Anda berharap si kecil tetap bergantung pada orang lain, pastikan Anda mengakomodir kelemahan mereka ini dengan memastikan desain kamar tidur anak minimalis modern Anda ini sudah beradaptasi dengan kondisi tubuh mereka. Salah satu yang kerap bermasalah adalah ide standar membuat storage vertikal. Masalahnya pada anak-anak storage vertikal akan sulit digapai mereka. Anda bisa mengakomodir keterbatasan mereka dengan membuat storage berbahan kuat yang dibuat menyerupai tangga. Jadi mereka bisa mencapai storage yang tinggi dengan menaiki storage lain selayaknya tangga.
  4. Mengabaikan faktor keamanan
    Si kecil akan bermain sendiri di dalam kamar, setidaknya itu yang perlu Anda asumsikan. Dan akan penting sekali untuk Anda memastikan, bahwa seluruh bagian ruangan dalam kamar si kecil memang aman untuk mereka gunakan. Kadang Anda mengabaikan faktor keamanan dan menjadikan kamar anak mereka memberi resiko bagi anak itu sendiri. Seperti membuat ranjang tinggi di atas ruang storage. Namun lupa memasang pembatas di tepi dan membiarkan si kecil jatuh dari ketinggian.
  5. Menggunakan korden berlebihan pada jendela kamar
    Sebenarnya ini bukan hanya kesalahan yang bisa terjadi pada kamar anak, karena bahkan Anda bisa melakukan kesalahan yang sama di ruang tamu Anda. Ketika Anda membuat korden demikian bergerai lengkap dengan curtain, vitrage dan lapisan demi lapisan yang membuat korden menutup jendela. Gunakan korden dengan fitur sederhana yang bisa dibuka dan tutup oleh anak tanpa kesulitan. Desain sederhana menjadi pilihan terbaik seperti model kerai atau tirai sederhana tanpa rimpel yang berat. Dengan menggunakan desain sederhana, Anda bisa menggunakan gorden bercorak yang sesuai dengan konsep anak-anak.
  6. Sistem storage yang terbuka
    Ambalan-ambalan terbuka memang bisa menjadi ide terbaik untuk storage di hunian minimalis. Tetapi ini bukan cara yang tepat untuk storage di kamar anak. desain kamar tidur anak minimalis modern membutuhkan storage yang lebih terorganisir untuk memudahkan Anda menata kamar mereka. Caranya dengan menyediakan beberapa kotak atau keranjang yang tertata pada ambalan. Kadang Anda tidak membutuhkan ambalan, melainkan kotak-kotak kecil yang tergantung pada dinding. Atau kotak-kotak yang tersusun satu sama lain serupa tangga. Setiap kotak bisa Anda fungsikan khusus hanya untuk satu jenis mainan, atau satu jenis pernik saja. Dengan demikian mereka bisa dengan mudah dan tertib menyimpan mainan dan pernak pernik mereka dalam wadah yang tetap sekaligus membantu mereka lebih mudah menemukan perabot mereka.

Sangat menarik bukan menemukan kadang Anda sendiri melakukan beberapa kesalahan ketika Anda menata interior untuk desain kamar tidur anak minimalis modern. Pahami kebutuhan dan keterbatasan  mereka dan sesuaikan dengan kapasitas ruang adalah cara terbaik untuk menata desain kamar tidur anak minimalis modern.

tags: , , , , ,