Panduan Membuat Gorden Untuk Jendela Kecil

Sunday, September 18th 2016. | Gorden Rumah

Memilih Gorden Untuk Jendela KecilMemiliki rumah dengan ukuran besar rasanya memang sulit untuk diwujudkan dalam waktu-waktu belakangan ini.

Kebanyakan orang terkondisikan untuk “hanya” memiliki rumah dengan ukuran kecil atau setidaknya terbatas.

Dan dengan kondisi ini, tentu saja kita juga akan memiliki bentuk fasad bangunan dengan sejumlah detil berukuran kecil, termasuk jendela. Yang menjadi masalah, ketika Anda sudah berhadapan dengan jendela mungil, bagaimana cara membuat gorden untuk jendela kecil?

Memasang gorden untuk jendela kecil jelas tidak bisa Anda samakan begitu saja dengan desain gorden pada jenis jendela berukuran besar. Bagaimanapun fakta bahwa jendela berukuran kecil dan berada pada rumah berukuran kecil menuntut Anda cukup pandai memilih gorden yangg sesuai dengan keterbatasan.

Kesalahan Anda dalam memilih gorden untuk jendela kecil akan membuat jendela kecil Anda seolah tenggelam di balik gorden. Bukan hanya soal efek estetis yang terganggu oleh masalah “jendela tenggelam” ini. Tetapi juga membuat fungsi jendela  terganggu. Sebagaimana kita juga ketahui bahwa jendela  merupakan media sirkulasi udara dan sebagai sumber cahaya alternatif di siang hari.

Lalu seperti apa gorden untuk jendela kecil yang sesuai dengan kebutuhan tersebut? Tentu dengan catatan penting, desain gorden perlu dibuat sesuai dengan konsep ala modern yang kini sedang trend. Mungkin beberapa panduan berikut bisa membantu Anda.

  1. Hindari bentuk berlebihan.
    Dengan ruang yang terbatas, dan kadang juga fasad rumah yang tidak terlalu tinggi, jelas membuat desain gorden dengan lapisan yang berlebihan, dengan juntaian draperi yang besar akan membuat jendela Anda akan tenggelam di balik gorden. Lapisan gorden untuk jendela kecil yang “gemuk” akan membuat cahaya tertahan untuk bisa masuk ke dalam ruangan.  Dan membuat jendela tidak bisa Anda buka dengan leluasa untuk memberi cukup akses ruangan dalam dengan sisi luar rumah. Selain tentu saja membuat ruang di dalam rumah Anda tersita berlebihan untuk gorden. Pada beberapa desain klasik, gorden dibuat berlapis, setidaknya terdiri dari virtrage, gorden utama dan drapery di bagian atas. Untuk memberi kesan tetap mewah namun simpel, Anda bisa hilangkan virtrage tembus pandang di bagian dalam, hindari hiasan berlebihan dengan juntaian di bagian atas. Dan hanya menyisakan fasad gorden utama dalam bentuk tunggal. Pilih gorden untuk jendela kecil dengan bahan yang terkesan mewah dan hasilnya akan tetap cantik di rumah mungil Anda.
  2. Pilih gantungan yang kokoh dan sederhana.
    Untuk menekankan kesan sederhana, akan lebih baik untuk menggunakan railing yang berbentuk langsing tetapi cukup kokoh untuk menahan keseluruhan bagian gorden. Kata kokoh bukan selalu berarti besar dan memakan tempat. Hindari bentuk gorden untuk jendela kecil dengan sejumlag gantungan berornamen tebal yang akan terlalu menarik perhatin. Tentu saja tidak berarti Anda tidak disarankan untuk menggunakan railing berornamen, tetapi tetap pastikan ornamen yang Anda pilih masih sesuai dengan konsep hunian Anda dan sekali lagi, tidak berlebihan.
  3. Bijak dalam memilih bahan gorden.
    Pemilihan bahan dan model menjadi bagian terpenting ketika bicara soal gorden untuk jendela kecil. Sebagaimana dijelaskan, bahwa rumah dengan ukuran kecil kerap kali mengalami masalah ruang sehingga penting memastikan gorden yang Anda gunakan tidak terlalu memakan ruang. Fakta bahwa jendela juga berukuran kecil membuat Anda perlu mengadaptasi bentuk gorden untuk sesuai dengan fitur yang ada. Dan salah satu cara terbaik untuk mengadaptasi gorden untuk jendela kecil Anda untuk sesuai dengan jendela kecil adalah dengan memilih bahan ringan sebagai gorden. Bahan yang ringan akan membantu gorden terkesan tidak memakan ruang, tidak menutup ruang pandang jendela serta selaras dengan keseluruhan ruangan minimalis. Anda tak lantas diharuskan untuk memilih gorden untuk jendela kecil berbahan melayang yang sangat ringan, karena  bahan bersifat tebal atau bahkan masif juga tetap layak Anda pilih untuk ruang minimalis. Selama Anda mempertahankan model yang sederhana. Atau malah gunakan bahan masif seperti kayu atau anyaman dan jadikan sebagai kerai, selain terkesan lebih simpel, kerai minimalis ini sesuai dengan gaya kekinian.
  4. Bijak dalam warna.
    Untuk ruangan terbatas dengan jendela berukuran kecil, catatan terpenting adalah tetap bertahan dengan konsep sederhana, minimalis dan ringan. Dan salah satu syarat untuk bisa berada dalam konsep ini adalah menghindari warna yang berlebihan dan kuat. Gunakan warna untuk gorden untuk jendela kecil yang senada dengan ruangan, dengan tone yang tidak terlalu terang. Atau bisa Anda gunakan jenis bercorak ringan dengan warna dasar yang muda untuk tetap menghadirkan nuansa cerah namun tidak berlebihan. Pilihan lain dengan menggunakan warna gelap dasar seperti kelabu, coklat, biru tua, atau hijau tua. Warna ini terbilang netral dalam ruangan sempit ketimbang Anda memilih jenis warna yang terlalu dominan dan kuat seperti fushia, biru turquoise atau merah hati.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membuat gorden untuk jendela kecil. Semoga tips sederhana ini akan membantu Anda memahami cara terbaik menghadirkan gorden cantik untuk rumah mungil Anda.

tags: , , , , ,