Gaya Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai Terbaru

Saturday, November 12th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

Gaya Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai Terbaru pic

Perkembangan desain hunian minimalis memang sepertinya tak ubahnya dengan pergerakan pada dunia fashion. Selalu saja hadir konsep anyar yang sebenarnya adalah pengembangan dari konsep lama dengan sejumlah sentuhan unik yang berbeda dari edisi sebelumnya.

Hal ini tercermin dari berkembangnya konsep anyar gaya desain rumah minimalis modern 2 lantai terbaru yang mengarah pada gaya modern yang lebih jantan. Kebanyakan praktisi interior dan arsitektur menyebutnya sebagai gaya industrial.

Sebelumnya, Anda mungkin sudah mengenal gaya skandinavia, salah satu pendekatan paling sukses dari mode desain rumah minimalis modern yang selalu mengedepankan konsep kesederhanaan desain, pendekatan bentuk yang unik, dan fitur yang cenderung langsing dan ringan. Konsep ini bahkan sudah merajai gaya minimalis modern selama beberapa tahun.

Tetapi tampaknya gaya yang serba bersih dan ringan ini mulai dirasa menjenuhkan dan mendorong para praktisi mencari ide lain. Bukan menjauh sepenuhnya dari gaya simpel khas dari skandinavian, tetapi memberi jiwa baru dalam rancangan desain rumah minimalis modern 2 lantai terbaru.

Dan jiwa baru ini didapat dengan menyuntikan semangat modernisme klasik dari gaya industrial. Nuansa yang akan mengingatkan Anda akan konsep bunker atau pabrik pada tahun awal  periode industri di Eropa. Meski tentu saja dengan pendekatan yang lebih manis, estetis dan tetap mengedepankan gaya simpel sederhana khas dari minimalis modern.

Bahkan lebih dari itu, konsep ini juga masih berkerabat dengan gaya minimalis modern sebelumnya seperti gaya skandinavian. Bahkan Anda masih bisa menyematkan furniture dari gaya skandinavian sebagai konsep “mix and match” dengan konsep industrial yang modern.

Apa saja detail yang bisa Anda hadirkan untuk bisa membangun atmosfer industrial  modern dalam desain rumah minimalis modern 2 lantai terbaru Anda?

  1. Nuansa logam
    Beberapa desain yang mengarah pada konsep industrial modern memang banyak menunjukan pemakaian unsur logam dalam desain hunian maupun interior. Logam bisa berupa konsep logam tembaga dan kuningan yang klasik vintage, konsep logam krom yang lebih modern atau malah stainless hitam yang terkesan lebih jantan.
    Logam bisa digunakan pada fasad bangunan, seperti pada tiang penyangga bangunan, fasad tangga dan railingnya, dekorasi pada dinding, hingga furniture seperti pada meja, konsol atau pada rak. Bisa pula hadir sebagai aksesoris dan pernik pada ruangan.
  2. Nuansa kayu dan batu
    Yang menarik dari gaya industril modern adalah dekatnya konsep ini dengan gaya natural. Dan tentu saja gaya natural sendiri memang sedang menjadi trend menarik di tahun 2016. Anda bisa menggunakan lantai parquet kayu dalam warna yang kuat. Salah satu bagian dinding yang dibiarkan berlapis batu yang semi kasar. Atau malah dinding bergaya brick atau batu bata seolah tidak terlapisi oleh semen.
    Sentuhan kayu dan batu perlu tetap dipertahankan dalam porsi wajar. Hindari pemakaian dalam warna yang tidak alami karena biasanya akan terkesan tidak sinkron dengan keseluruhan desain hunian.
  3. Bermain dalam warna hitam dan gradasinya
    Hitam, putih dan kelabu akan menjadi warna dominan dalam keseluruhan desain. Bukan hanya sekedar karena warna dalam gradian ini cenderung aman untuk hunian bergata minimalis modern, tetapi karena warna-warna dalam kromatik ini cenderung sukses menghantarkan nuansa industrial yang dingin, kaku dan cenderung serius.
    Pada beberapa hunian dengan gaya industril modern, dinding dalam warna semen aci menjadi pilihan. Warna ini terkesan alami, sekaligus dingin yang mewakili dengan baik nuansa yang ingin Anda bangun.
  4. Hangatkan dengan warna
    Anda tidak perlu takut kemudian hunian bergaya industrial modern akan terkesan kaku dan tidak dinamis. Karena demi bisa mencairkan suasana, Anda bisa membangun nuansa dengan menghadirkan warna kuat dalam ruangan. Tak ada pakem Anda harus memilih warna apa, karena bahkan warna muda seperti kuning atau peach juga bisa menghadirkan kehangatan yang cantik pada hunian bergaya industrial modern.
    Tetapi, sebaiknya gunakan warna kuat seperti merah, biru, jingga, ungu atau pink. Pilih jenis warna yang memiliki efek kuat mencuri perhatian. Padu padankan dengan sejumlah cara seperti mengecat satu bagian dinding yang kemudian dipadukan dengan menggunakan sejumlah aksesoris dalam gradian yang sama. Aksesoris bisa menghangatkan nuansa kromatik kelabu dan nuansa kaku yang hadir.
  5. Furniture bergaya simpel
    Gaya furniture untuk hunian bergaya industrial selalu bergaya simpel dan sederhana. Sebagaimana kami sudah singgung, bahkan konsep furniture dari konsep skandinavian juga bisa Anda adopsi untuk desain rumah minimalis modern 2 lantai terbaru ini.
    Hindari detil dan corak berlebihan dan terlalu meriah karena menjadi berlebihan pula pada hunian bergaya industrial modern ini. Bukan lantas pobia dengan corak, karena sebenarnya corak juga solusi menarik menghangatkan suasana. Hanya bermainlah dengan bijak untuk mendapatkan komposisi yang tepat.

Sangat menarik  melihat bagaimana perkembangan ide dan gagasan dalam nuansa hunian modern minimalis menjadi lebih berjiwa dengan konsep industril modern dalam desain rumah minimalis modern 2 lantai terbaru.

tags: , , , , , ,