Dimana Bisa Membangun Taman Rumah Minimalis Sederhana?

Monday, December 12th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

taman rumah minimalis sederhana gambarInformasi kami kali ini adalah kelanjutan dari konsep taman rumah minimalis sederhana yang sebelumnya sudah kami bahas sebelumnya di sini. Di dalam konsep sebelumnya Anda disarankan untuk memanfaatkan sejumlah bagian dari sisi depan rumah sebagai media untuk membangun kawasan taman minimalis.

Kali ini kita akan mencoba mengulik lebih lanjut, adakah celah-celah lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai area hijau taman rumah minimalis sederhana. Mungkinkah Anda bisa menjadikan hunian yang sebenarnya sudah kehabisan area terbuka malah menjelma menjadi taman cantik yang sejuk, segar dan terasa teduh? Mungkinkah menghadirkan kecantikan taman tropis minimalis dalam hunian Anda yang tidak lagi memiliki lahan?

Salah satu idenya adalah dengan menemukan sela dan sudut-sudut ruang yang tersisa pada area hunian Anda, terutama pada area terbuka yang tersisa untuk Anda sulap menjadi kawasan hijau yang cantik. Dan beberapa ide unik berikut ini sangat layak menjadi contekan Anda.

  1. Manfaatkan tepian teras
    Bila selama ini teras Anda langsung berbatasan dengan lantai semen atau area paving block yang langsung pula terhubung dengan area carport, tidak ada salahnya mengambil sedikit bagian dari teras Anda untuk area hijau taman rumah minimalis sederhana. Tak sulit mewujudkan sebuah taman cantik di sudut teras Anda. Anda bisa memilih ide dinding vertical garden pada salah satu dinding tepi teras. Atau untuk ide yang lebih minimalis coba menambahkan sebuah rak kecil dari bambu atau besi, lalu tata beberapa pot berhias tanaman bunga perdu di dalamnya. Susunan pot cantik ini akan menghadirkan sentuhan tropis yang memikat di sudut teras. Ide lain adalah dengan menjajarkan beberapa buah pot panjang berisi tanaman perdu dan jenis tanaman tinggi pada sepanjang tepian teras. Teras Anda yang semula kosong akan tampil lebih memikat berkat sentuhan area hijau kecil ini.
  2. Manfaatkan sudut pagar
    Bila di antara sudut pagar dan dinding pembatas masih tersisa area kecil yang terbuka, manfaatkan saja area ini sebagai kawasan taman cantik. Menggubah taman di sudut ruang terbuka ini juga akan sangat mudah, hanya memanfaatkan beberapa ornamen dan bahan material untuk membangun taman unik di sana. Cara terbaik untuk menghadirkan area hijau ini adalah dengan membuat susunan wadah tanaman seperti dengan membuat susunan pot, susunan ban bekas, susunan batako yang sudah Anda tata sedemikian rupa, susunan batu atau malah susunan bambu berukuran besar yang Anda ubah menjadi pot-pot kecil.
  3. Manfaatkan area duduk
    Biasaya pada teras baik pada sisi depan atau pada pelataran belakang, Anda bisa menemukan jajaran kursi yang ditata sebagai area duduk terbuka. Ternyata dengan sedikit sentuhan, area duduk juga bisa diberi sentuhan taman rumah minimalis sederhana. Tentu saja dengan konsep taman rumah minimalis sederhana pada area duduk semacam ini, Anda harus menggunakan jenis kursi taman custom yang Anda buat khusus dengan menyertakan pot pada fasad kursi. Pot yang Anda tambahkan bisa berbentuk bertrap sehingga tanaman akan tampil seperti berundak. Bisa pula Anda buat dalam bentuk pot besar untuk menghadirkan tanaman berukuran besar. Tata tanaman sehingga tidak mengusik aktivitas Anda ketika duduk di area duduk ini. Cara lain menghadirkan taman rumah minimalis sederhana pada area duduk adalah dengan menggunakan pot-pot yang dipasangkan kaki. Pemasangan kaki akan memberi kesan pot mengambang dan biasanya sangat cocok untuk memanipulasi kesan berat dan penuh dari pot dan sangat sesuai untuk Anda aplikasikan pada rumah bergaya modern minimalis.
  4. Pada area atap
    Tambahkan beberapa pot memanjang pada atap Anda dan tanamkan jenis tanaman menjuntai di dalamnya. Biarkan tanaman itu tumbuh besar dan menjuntaikan daun, batang dan bunganya seperti kanopi alami pada atap. Hanya saja ide satu ini memerlukan perawatan seksama, karena kadang menyebabkan beban pada atap dan membuat atap menjadi rapuh. Pastikan ukuran tanaman cukup dan tidak berlebihan, sehingga tidak memberi kesan rumah berantakan.
  5. Pada area rooftop
    Tidak ada lagi jalan untuk menghadirkan taman di area pelataran depan dan belakang? Coba untuk menghadirkannya di area rooftop. Sediakan sejumlah pot dan wadah-wadah kotak yang bisa Anda tanami berbagai jenis tanaman. Jangan takut dengan tanaman semi tinggi selama anda menggunakan pot berukuran besar untuk menyangganya. Jadikan area ini seperti area taman tersembunyi yang cantik di dalam hunian anda.
  6. Pada area balkon
    yang bisa juga menjadi ide cantik taman rumah minimalis sederhana di lahan yang sudah sangat terbatas adalah dengan menghadirkan taman rumah minimalis sederhana pada balkon. Gunakan tanaman rambat, tanaman perdu dalam pot atau jenis tanaman teh-tehan yang bisa dibentuk seperti pucuk merah sebagai pemanis.

Ternyata asal Anda cerdik menemukan celah pada hunian Anda, bukan mustahil untuk tetap memiliki taman rumah minimalis sederhana pada hunian dengan lahan terbatas bahkan tanpa area terbuka sekalipun.

tags: , , , , , , ,