5 Pertimbangan Cara Memilih Gorden Untuk Rumah Minimalis

Saturday, November 5th 2016. | Gorden Rumah, Tips dan Trik

5 Pertimbangan Cara Memilih Gorden Untuk Rumah Minimalis gambarApakah Anda salah satu yang kerap dibuat bingung ketika harus memilih gorden untuk hunian Anda? Apakah Anda kerap dibuat ragu dalam memilih model dan bahan untuk gorden? Beberapa panduan pertimbangan cara memilih gorden untuk rumah minimalis berikut ini akan membantu Anda menemukan pilihan gorden yang tepat untuk hunian Anda.

Trend hunian minimalis memang menggiring kita pada konsep gorden yang cukup bervariasi. Model klasik dengan draperi dan curtain pembatas di sisi atas yang menutup seluruh fasad atas gorden kerap dianggap tak lagi signifikan untuk digunakan pada hunian bergaya minimalis.

Lalu model gorden macam sebenarnya yang cocok untuk hunian minimalis modern? Beberapa pertimbangan ini akan membantu Anda memahami cara memilih gorden untuk rumah minimalis dengan efektif. Dan membantu Anda menemukan pilihan dengan hasil yang tepat untuk hunian Anda.

  1. Fungsi gorden
    Sebelum memutuskan model dan desain gorden macam apa yang Anda pilih untuk ruangan hunian Anda, sebaiknya tentukan dulu apa fungsi yang Anda harapkan dari kehadiran gorden dalam ruangan tersebut. Pertimbangan fungsi ini akan membantu Anda memilah beberapa pilihan yang tidak sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda.
    Ada beberapa fungsi yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti fungsi privasi, fungsi penahan paparan cahaya atau sekedar aspek dekorasi belaka. Beberapa gorden diperuntukan dengan beberapa fungsi sekaligus. Tentu saja gorden dengan tujuan privasi akan membutuhkan bahan lebih tebal dengan daya tutup yang lebih sempurna ketimbang gorden untuk efek penahan cahaya belaka.
  2. Efek gorden secara dekorasi
    Aspek dekorasi memang tidak bisa dilepaskan dari gorden, bagaimanapun kehadiran gorden menjadi salah satu komponen pembentuk keseluruhan interior. Dan karena itu pertimbangan dekorasi juga perlu menjadi pertimbangan.
    Apakah Anda ingin menghadirkan nuansa kasual pada gorden atau justru membangun nuansa mewah dan elegan pada ruangan. Ada perbedaan signifikan antara bentuk gorden dengan konsep kasual dengan konsep mewah.
    Di dalam konsep kasual Anda mungkin hanya membutuhkan gorden berbentuk kerai, tidak membutuhkan efek draperi atau plisket yang kentara, sedang pada konsep mewah justru sentuhan draperi akan sangat dibutuhkan untuk memberi efek volume dan kesan 3 dimensi.
  3. Bahan, warna dan corak
    Satu lagi yang perlu Anda pahami ketika memilih desain untuk gorden. Pertimbangan untuk cara memilih gorden untuk rumah minimalis tersebut adalah pada warna, bahan dan corak dari gorden itu sendiri.
    Harus ada perpaduan yang selaras antara bahan, warna dan corak pada gorden dengan keseluruhan desain interior ruangan, juga kesesuaiannya dengan fungsi dari gorden itu sendiri pada jendela.
    Karena di lapangan Anda bisa menjumpai bahan dari jenis yang tipis dan transparan, sampai jenis katun, jenis kanvas hingga jenis berkilau. Gorden bisa memiliki fitur yang berkesan ringan dan melayang sampai terkesan kaku atau malah bervolume.
    Di sisi lain, warna dan corak juga memiliki muatan dekorasi yang kuat. Penting sekali memastikan adanya keselarasan antara keseluruhan warna dan tema yang Anda gunakan pada ruangan, ukuran jendela dengan warna dan corak pada gorden.
  4. Ukuran gorden
    Ukuran juga menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda pertimbangkan dalam cara memilih gorden untuk rumah minimalis. Ukuran gorden juga akan berkaitan dengan keputusan Anda soal fungsi dan efek dekorasi yang ditimbulkannya. Selain itu, ukuran gorden juga akan berkaitan dengan ukuran ruangan dan rumah.
    Seperti pada desain kasual Anda bisa memilih gorden sederhana berbentuk kerai degan ukuran tepat seukuran jendela. Atau malah pada hunian bergaya elegan, Anda bisa gunakan gorden berukuran panjang yang memanjang dari dekat langit-langit hingga lantai, dengan ukuran lebar setidaknya cukup untuk menepikan seluruh gorden tepat di sisi jendela, demi bisa menampakan seluruh bagian jendela utuh ketika dibuka.
  5. Perangkat gorden
    Komponen yang juga perlu Anda pertimbangkan dalam cara memilih gorden untuk rumah minimalis adalah jenis perangkat gorden yang akan Anda gunakan. Apakah Anda menggunakan mekanisme kerai atau mekanisme tirai. Bahan apa yang Anda gunakan , fitur geraknya dan tentu saja bentuk yang Anda pilih.
    Gorden dengan bentuk ring bisa menjadi pilihan lebih apik pada gorden berbentuk tirai, tetapi belakangan konsep penanaman ring langsung pada gorden kerap dianggap lebih cantik ketimbang pemasangan ring dengan kait.
    Sedang konsep gorden serut dianggap memiliki efek dekorasi yang cantik untuk jendela kecil. Tetapi kadang kesalahan pemilihan materi akan membuat efek kerut jatuh tidak alami dan terlihat aneh. Sedang perangkat gorden serut cukup rentan rusak sehingga perlu Anda perhatikan kualitas bahan materinya.

Jadi, apakah kini Anda sudah bisa memahami bagaimana pertimbangan yang perlu Anda ambil untuk cara memilih gorden untuk rumah minimalis? Pastikan Anda melakukan pertimbangan matang untuk memilih gorden sebelum gorden pilihan Anda merusak seluruh konsep interior hunian Anda.

tags: , , , , ,