8 Tips Simpel Kamar Mandi Minimalis Sederhana

Saturday, November 19th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

Kamar Mandi Minimalis Sederhana picKamar Mandi Minimalis Sederhana – Memiliki kamar mandi luas lengkap dengan sebuah bath tub berukuran besar dan meja wastafel ganda yang berdesain memikat bisa jadi adalah impian Anda. Meski dianggap sebelah mata, nyatanya banyak orang yang gemar menghabiskan banyak waktu mereka di dalam kamar mandi. Lalu, bagaimana bila yang bisa Anda miliki hanya sebuah kamar mandi minimalis sederhana?

Mengingat sebagian besar dari kita memang akan berhadapan dengan rumah berukuran minimalis yang pada akhirnya hanya akan menyediakan satu sudut kecil dari hunian sebagai ruang kamar mandi, rasanya memang Anda perlu berpikir lebih keras untuk bisa menghadirkan kamar mandi yang nyaman untuk Anda gunakan dalam keseharian.

Apalagi bila Anda juga terbentur dengan ketersediaan dana yang terbatas, sehingga tak banyak ruang gerak yang bisa Anda miliki untuk merancang kamar mandi Anda menawan. Jangan merasa ini adalah akhir dari impian Anda, karena ternyata dengan langkah dan penerapan yang tepat, Anda juga bisa memiliki kamar mandi idaman dari sebuah kamar mandi minimalis sederhana.

Berikut adalah sejumlah tips yang bisa Anda jalankan dengan simpel ketika Anda ingin mendesain tata ruang kamar mandi minimalis sederhana.

  1. Bermain dalam warna netral
    Warna netral dalam spektrum warna yang pucat sangat membantu ruangan terasa lebih lapang. Warna pucat memberi efek visual meluaskan. Anda bisa bermain warna dengan memadukan warna pucat sebagai warna dominan dengan warna lain yang memiliki kekuatan tema lebih kuat. Padukan dengan cara yang tidak berlebihan sehingga dominasi warna pucat masih bisa terasa dalam ruangan.
  2. Gunakan cahaya ruangan yang lembut dan terang
    Masalah cahaya menjadi sangat penting untuk sebuah ruang berukuran kecil. Cahaya terang adalah pilihan terbaik membantu ruangan terasa lebih lapang. Namun cahaya yang terlalu tajam akan memberi efek ruangan terasa terlalu panas dan pengap. Karenanya pilih cahaya yang lembut. Gunakan beberapa lampu dalam spectrum putih yang lembut dan watt yang rendah pada beberapa sisi sudut ketimbang Anda menggunakan satu lampu bercahaya kuat.
  3. Bermain dengan corak
    Beberapa pakar desain rumah berpendapat permainan corak dalam satu gradasi dan spektrum warna yang sama dengan warna dominan memberi Anda kesempatan lebih baik dalam membantu mempertahankan efek visual ruang yang terasa lapang sekaligus menghantarkan tema dengan cara yang lembut.
    Gunakan keramik bercorak dalam ukuran corak yang sedang hingga kecil pada dinding dan lantai kamar mandi. Sesuaikan corak dengan tema ruangan yang ingin Anda hadirkan. Cukup pasang corak pada sebuah garis pendek baik pada sisi tengah lantai atau sisi bawah lantai. Biarkan warna pucat masih dominan dalam ruangan.
  4. Manfaatkan ruang atas toilet sebagai ruang simpan
    Sisi atas dari toilet adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan area penyimpanan. Area ini pada dasarnya sudah termakan oleh keberadaan kepala toilet, jadi menambah beberapa rak di sisi atasnya tak akan banyak memberi masalah.
    Pastikan Anda menggunakan konsep ruang simpan yang simpel dengan warna yang relatif netral. Jangan buat terlalu tebal, cukup selaraskan dengan ketebalan kepala toilet supaya tidak membentur kepala saat toilet digunakan.
  5. Gunakan hanya 1 wastafel
    Bilapun Anda memiliki sisa ruang yang cukup untuk dua wastafel, atau Anda menemukan wastafel kecil yang memungkinkan Anda memasang 2 buah pada space wastafe, selalu pastikan Anda hanya menggunakan satu wastafel. Wastafel memiliki bentuk yang secara visual memberi efek menyempitkan.
    Jadi cukup pastikan Anda hanya menggunakan sat wastafel saja. Lagi pula, realitasnya sangat jarang bukan dua wastafel Anda gunakan sekaligus. Justru sisakan ruang kecil di sisi wastafel, sekecil apapun itu untuk ruang Anda berdandan. Kadang ini ruang tambahan ini lebih diperlukan dari Wastafel ganda.
  6. Manfaatkan kaca bening
    Perlu memasang sket ruang antara sisi wastafel dengan area mandi? Coba menggunakan kaca bening. Cara ini lebih praktis membantu Anda mempertahankan visual luas pada ruangan tanpa menghilangkan fungsi privasi.
    Anda bisa menambahkan stiker bening untuk Anda lekatkan pada sket kaca untuk menambah efek privasi, dan selalu pastikan Anda memilih stiker kaca dengan gambar yang tidak terlalu berlebihan, atau malah pilih stiker kaca dengan warna putih. Stiker berwarna putih akan lebih efektif memberi ruang privasi yang terasa lapang pada kamar mandi minimalis sederhana yang mungil.
  7. Buat ruang simpan vertikal
    Selalu pastikan untuk memaksimalkan ruang simpan secara vertikal dengan menggunakan sisi dinding yang kosong. Buat ruang simpan simpel yang terbuka sehingga dinding tidak sepenuhnya tertutup. Cara ini akan membantu mempertahankan efek visual ruangan yang masih lapang.
  8. Gunakan cermin dengan ruang simpan di dalam
    Ada dua aspek penting yang kita bicarakan berkenaan dengan cermin dengan ruang simpaan di dalamnya. Aspek pertama adalah fakta bahwa cermin selalu memiliki efek visual yang sangat efektif membantu melapangkan ruangan. Bayangan yang muncul pada cermin memberi kesan ruangan terasa berukuran ganda. Kadang Anda membutuhkan cermin berukuran besar untuk memperkuat manfaat.
    Di sisi lain, cermin dibuat dengan ruang simpan di sisi dalam. Rak di balik cermin sangat bermanfaat sebagai ruang simpan beragam make up, sabun sampai peralatan perawatan seperti alat cukur dan catok rambut. Menariknya keberadaanya yang tersamarkan tidak akan memberi efek menyempitkan ruangan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda mulai punya bayangan bagaimana cara merancang desain cantik untuk kamar mandi minimalis sederhana Anda? Bagaimana adaptasi Anda terhadap tips-tips di atas dengan kamar mandi Anda di rumah?

tags: , , , ,