7 Panduan Pemilihan Warna Cat Rumah Minimalis Tampak Depan

Sunday, December 4th 2016. | Rumah Minimalis

warna cat rumah minimalis tampak depan Warna Cat Rumah Minimalis Tampak Depan – Memilih cat rumah untuk sisi depan rumah kadang bisa menjadi cukup menyulitkan. Bukan hanya soal estetis yang menjadi persoalan, tetapi juga soal aspek-aspek lain yang kadang bisa menjadikan urusan yang sepertinya sederhana ini menjadi kompleks.

Sangat benar bila Anda tidak boleh terburu-buru dalam memilih warna atau sekedar terbawa arus oleh trend yang Anda peroleh informasinya dari berbagai media. Lalu apa saja yang perlu Anda pikirkan lebih dalam sebelum memilih warna cat rumah minimalis tampak depan?

Untuk membantu Anda, berikut kami himpun sejumlah informasi mengenai ha-hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda ketika Anda memilih warna cat rumah minimalis tampak depan. Apa saja aspek-aspek penting dalam menentukan warna sisi depan rumah? Berikut panduannya.

  1. Aspek cuaca
    Cara klasik dalam mengecat rumah dengan warna putih kadang masih kerap dipilih dengan alasan warna yang netral, kesan yang bersih dan banyak lagi alasan umum lainnya. Tetapi ternyata memilih warna putih dan kromatik pucat lainnya sebagai warna cat rumah minimalis tampak depan tak selamanya tepat. Anda perlu mempertimbangkan aspek cuaca pada daerah Anda. Warna putih dan pucat sangat rentan kotor. Sehingga ketika akibat paparan cuaca sepeti hujan dan kelembaban, tembok Anda terkena cipratan tanah becek atau malah mengeluarkan efek kehitaman, warna pucat ini akan sangat buruk menutupi noda. Hasilnya rumah Anda justru terkesan kusam dan kotor.
  2. Aspek lingkungan
    Ini bukan soal lingkungan hidup, tetapi pertimbangan berdasar tata cara pengecatan pada lingkungan Anda. Beberapa perumahan menetapkan warna-warna khusus pada tampak depan hunian, sehingga tentu saja Anda perlu mengindahkan aturan tersebut. Atau malah bilamana rumah di sekitar Anda kebanyakan menggunakan cat dalam satu jenis warna yang hampir serupa, pilihan Anda hanya dua, menjadi sama dengan yang lain untuk alasan keseragaman dan keselarasan lingkungan, atau malah menjadi berbeda dengan warna kontras dari lingkungan Anda dengan alasan supaya rumah Anda lebih cepat dikenali.
  3. Kerimbunan taman
    Perhatikan tata taman Anda, ini akan memberi pengaruh besar terhadap tampak depan rumah Anda sehingga penting untuk menyelaraskan warna cat rumah minimalis tampak depan dengan tata taman Anda. Bila taman Anda relatif rimbun, sebaiknya hindari warna yang terlalu tua atau kuat pada dinding depan. Karena efeknya nanti justru rumah depan Anda akan terkesan gelap. Sebaliknya, bila taman rumah Anda terkesan minimalis dan simpel dengan tanaman-tanaman cenderung perdu dan pendek, Anda bisa mengecat dengan warna kuat dan dominan demi menyeimbangkan kekosongan pada area depan rumah. Perhatikan pula bila taman Anda memilih bebungaan yang cukup dominan muncul. Apakah warna bunga tersebut, selebat apa dan sebesar apa bunga itu? Pastikan kehadiran bunga tadi cukup selaras dengan cat rumah depan Anda. Kadang justru bermain dalam warna yang sedikit kontras akan menampilkan bunga-bunga tadi dengan lebih baik.
  4. Warna dan cat pagar dan pintu rumah
    Selaraskan warna pagar, pintu dan jendela rumah Anda dengan warna cat rumah minimalis tampak depan pada dinding. Jangan sampai pilihan warna yang Anda gunakan justru membuat kesan rumah terlalu lengang atau malah terlalu sesak. Jangan takut dengan permainan warna, selama Anda masih berada dalam koridor yang aman. Belakangan ini banyak orang juga mulai berani dengan cat pintu, jendela dan pagar mereka. Bukan lagi dengan warna natural kayu, besi atau hitam dan putih, melainkan juga warna-warna lain seperti biru, hijau atau malah burgundy tua. Selaraskan warna-warna tadi dengan cat dinding yang sesuai. Padukan pula dengan bagian dinding yang Anda berikan aplikasi tambahan seperti dinding batu alam atau dinding bata yang belakangan juga banyak digunakan.
  5. Sesuaikan dengan atap
    Warna atap juga menjadi aspek penting dalam pemilihan warna cat rumah minimalis tampak depan. Anda tetap perlu memastikan adanya keselarasan antara sisi atas dari tampak depan rumah dengan keseluruhan warna.
  6. Gunakan permainan kombinasi
    Sekarang ini memang sedang trend melakukan kombinasi warna pada dinding depan rumah. Mereka memadukan beberapa warna dalam kromatik yang dekat, atau malah bermain dengan aplikasi kontras di antara dominasi warna yang netral. Jaga keseimbangan warna yang Anda pilih sehingga aplikasi warna yang kuat tidak menjadi berlebihan, tetapi cukup mampu memberi efek mencuri perhatian. Gunakan warna netral yang mampu menjaga warna kontras menjadi tidak berlebihan tetapi tetap terlihat.
  7. Padankan dengan interior
    Terakhir dan tidak boleh Anda lupakan adalah perpaduan warna yang selaras dengan sisi dalam rumah. Pastikan Anda bisa menarik benang merah yang sama antara sisi dalam rumah dengan sisi luar rumah.

Semoga panduan sederhana yang kami sampaikan di atas akan membantu Anda untuk lebih mudah untuk menemukan pilihan warna cat rumah minimalis tampak depan untuk hunian modern minimalis Anda.