6 Desain Unik Untuk Pagar Tangga Minimalis Modern

Friday, November 25th 2016. | Rumah Minimalis, Tips dan Trik

pagar tangga minimalis modern picMeski belakangan ini banyak hunian membangun tangga dengan menghilangkan sepenuhnya aspek pagar tangga demi alasan memberi efek visual ruangan lebih lapang dan aspek minimalis, rupanya kebanyakan orang masih menimbang untuk tetap mempertahankan pagar tangga demi alasan keamanan. Hanya saja tentu saja perlu dipastikan desain mengarah pada pagar tangga minimalis modern.

Tak dipungkiri, kebanyakan desain pagar tangga memang terkesan terlalu konvensional dengan fasad yang tebal dan kokoh. Untuk hunian berkonsep minimalis, desain klasik ini kerap dianggap terlalu berat dan tak sesuai dengan tema yang diusung. Jadilah kemudian banyak orang memilih menghilangkan pagar pada tangga.

Atau justru mengganti konsep konvensional yang klasik dengan konsep pagar tangga minimalis modern yang lebih bergaya simpel dan ringan. Lalu seperti apa sebenarnya konsep desain pagar tangga minimalis modern yang tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan namun juga sesuai dengan gaya modern?

  1. Pagar berbahan senar
    Konsep pagar berkonsep ringan yang bisa Anda pilih pertama adalah tangga dengan pagar berbentuk senar. Senar di sini adalah sebuah tali berbahan metal yang diregangkan ketat dari anak tangga terbawah hingga bagian teratas anak tangga. Konsep pagar berbahan senar ini bisa cukup kuat membantu Anda merasa lebih aman dan nyaman menaiki tangga karena bahan yang cukup kuat dan kokoh. Meski berukuran kecil, namun senar ditopang oleh beberapa struktur penyangga kuat yang juga berfungsi menyangga anak tangga. Jadi senar akan bertahan cukup baik sebagai pagar tangga minimalis modern yang kokoh. Anda bisa membuat senar terulur panjang dari ujung bawah ke atas dengan konsep simpel. Atau malah membuat sebuah anyaman sederhana berupa persilangan senar yang dipilin berjarak sepanjang anak tangga. Konsep kedua ini bisa memberi nuansa unik tambahan pada ruangan.
  2. Pagar berbahan kaca
    Pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah pagar tangga berbahan kaca. Kaca bening jelas bisa memberi efek ringan dan transparan sehingga mendorong tangga terkesan berkamuflase dengan keseluruhan ruangan. Efek bening juga sangat menunjang nuansa minimalis yang akan Anda bangun sekaligus membantu Anda menghantarkan cahaya lampu dengan lebih baik sehingga membantu ruangan terasa lebih terang. Tentu saja perlu pastikan Anda menggunakan kaca berukuran tebal dengan konstruksi kokoh sebagai penyangga mengingat kaca sendiri adalah materi beresiko dan relatif berat. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu beresiko bisa mengganti kaca dengan materi fiber glass atau plastik berkualitas tinggi sebagai pagar. Materi ini lebih ringan dan tidak mudah pecah, meski tentu saja membutuhkan biaya lebih besar.
  3. Pagar besi atau metal
    Pagar besi jelas bisa menjadi pilihan untuk Anda memilih pagar tangga minimalis modern yang mengedepankan keamanan. Strukturnya yang kuat sangat menunjang keamanan Anda selama menggunakan tangga. Ditambah dengan fungsinya yang juga bisa sekaligus sebagai penyangga anak tangga. Tetapi satu catatan penting, kadang penggunaan pagar tangga dengan materi logam atau metal cenderung memberi kesan terlalu berat. Karenanya pastikan pagar berukuran cukup kecil dan slim atau tipis sehingg memberi efek semi transparan yang menyamarkan keberadaan pagar tangga. Anda bisa menggunakan pagar logam berukuran tebal namun hanya berupa palang melintang setinggi tangan di sisi tangga. Bentuknya harus cukup sederhana tanpa detil yang membuatnya menjadi tidak minimalis.
  4. Pagar dengan fungsi penyangga
    Pagar ini sekilas tak berbeda dengan tangga-tangga lain yang sudah kami terangkan sebelumnya. Biasanya pagar model ini dibuat dari materi senar logam tebal atau malah tongkat logam panjang berukuran lingkar sangat kecil. Disusun bergaris, kadang cukup padat, kadang justru dibuat berjarak dan longgar. Namun yang membedakannya, pagar tangga ini dibuat menggantung dari langit-langit ruangan dan berakhir pada anak tangga. Sebenarnya pagar tangga ini juga bekerja sebagai penggantung anak tangga sedang sisi lainnya dibiarkan tertanam pada dinding. Pagar penyangga ini merupakan konsep lain dari tangga mengambang yang di bagian sisi lainnya digantungkan pada langit-langit ruangan.
  5. Pagar yang menyatu dengan dinding
    Bila Anda masih ingin bertahan dengan kesan ringan sehingga Anda menghindar dari fasad pagar tangga yang mengusik kesan ringan ini, Anda masih bisa sebenarnya menyematkan pagar tersembunyi sekedar untuk menjaga keamanan pengguna tangga. Caranya dengan memasang pagar pegangan sederhana berupa tongkat melintang yang ditanamkan pada dinding di mana tangga melekat. Pemasangan pagar ini tak lebih sebagai pegangan dan tak banyak bekerja sebagai pembatas, tetapi rasanya sudah cukup memadai membantu mengurangi resiko ketika seseorang menaiki tangga.
  6. Pagar dengan desain inkonvensional
    Ingin hadir dengan konsep lebih individu dan terkesan unik, curi perhatian dengan memasang pagar tangga berdesain unik. Desain unik dalam warna kromatik antara hitam, putih dan kelabu kerap menjadi cara sukses menghadirkan nuansa minimalis yang lebih cantik dan personal.

Tadi itu sejumlah ide-ide menarik yang bisa Anda tuangkan sebagai pagar tangga minimalis modern. Hadirkan pagar tangga dengan desain unik dan simpel sebagaimana kami ulas di atas, dan hadirkan nuansa minimalis modern yang lebih apik dari rumah Anda.

tags: , , , , ,