4 Gaya Dalam Model Teras Rumah Minimalis Modern

Friday, January 27th 2017. | Rumah Minimalis, Teras depan

Teras merupakan salah satu unsur yang tidak bisa luput dari perhatian Anda. Justru dari teraslah Anda bisa menjadikan hunian Anda mencuri perhatian. Karena keberadaannya di sisi depan rumah sehingga menjadi bagian penting dari fasad tampak depan rumah Anda.

Dan itu sebabnya penting untuk menemukan model teras rumah minimalis modern yang tepat untuk Anda aplikasikan dalam hunian Anda sendiri. Bagaimana memiliki teras cantik yang selaras dengan konsep hunian Anda secara keseluruhan dan tatanan area terbuka di sisi depan rumah. Seperti beberapa gaya teras yang mungkin bisa menginspirasi Anda berikut ini.

  • Teras dengan konsep romantis
    Tampaknya, meski tahun sudah berganti dan kebanyaka pakar interior memprediksi gaya romantis sudah akan surut di tahun ini, trend gaya romantis seperti shabby chic dan romance vintage masih cukup diminati dalam dunia interior. Termasuk sebagai model teras rumah minimalis modern.
    Nuansa warna yang lembut, terkesan tetap alami dan selaras untuk hunian bergaya minimalis. Warnanya akan terkesan nyaman dan memberi efek meluaskan bagi hunian sehingga sesuai untuk konsep rumah berukuran mungil.
    Untuk menghadirkan konsep romantis ini yang Anda perlukan adalah perpaduan tepat antara cat pada dinding yang lembut, lantai dengan warna netral cenderung pucat seperti corak kayu dalam warna muda atau corak granit yang lembut.
    Jangan lupa, sentuhan ornamen dan furnitur yang hadir dalam desain yang romantis. Konsep shabby chic dan romance vintage mengedepankan dua sentuhan utama yakni nuansa romantis yang kaya akan sentuhan bunga dan warna pastel juga sentuhan alami atau kesan usang alias vintage.
    Tambahkan sentuhan tanaman bunga dalam warna lembut seperti pink muda atau putih yang tertata manis pada beberapa sudut. Jangan takut bermain dengan tanaman gantung, taman vertikal hingga tanaman rambat. Tapi pastikan Anda memilih jenis bunga dengan warna yang tidak terlalu mencolok seperti anggrek ungu dan ukuran bunga yang berlebihan seperti bunga matahari.
  • Teras dalam nuansa tropis
    Konsep utama dari teras ini adalah menjadikan teras sebagai elemen taman rumah. Sementara Anda dengan sengaja membiarkan taman Anda hadir dengan nuansa yang rimbun, penuh warna dan bentuk dengan tatanan yang alami.
    Di sini teras kadang dibuat seolah menjadi bagian dari taman, sehingga fasadnya semi terbuka. Elemen kayu dan batu menjadi struktur utama teras kadang bahkan dengan lantai yang dibiarkan menyatu dengan are terbuka. Permainan warna kuat seperti jingga, biru atau hijau sebagai ornamen bisa Anda tambahkan pada dinding atau aksesoris ruangan untuk menguatkan kesan tropis.
    Dan tentu saja jangan lupa memadukan tatanan teras cantik ini dengan elemen dalam taman seperti tanaman rambat, beberapa jenis tanaman pakis, bebungaan bahkan bila memungkinkan tanaman besar berbuah seperti mangga atau rambutan. Anda bisa anggap area teras ini sebagai area piknik Anda dan keluarga.
    Kadang demi menyiasati area muka yang berukuran kecil, Anda perlu menggunakan ruang dengan sebijak mungkin. Prinsip taman vertikal dan tatanan pot bertingkat masih menjadi salah satu saran yang bisa Anda pakai.
  • Teras dengan konsep hippie
    Konsep ini bisa Anda usung dengan menggunakan tatanan ala mediterania, meksiko sampai tatanan ala retro. Inti utamanya adalah keberanian dengan menghadirkan bentuk-bentuk yang tidak biasa, permainan warna yang lebih berani, dinamika dalam struktur dan tatanan taman sederhana yang berani dalam warna. Itu sebabnya biasanya teras semacam ini akan lebih cantik bila dibingkai oleh taman yang kaya bunga aneka warna.
    Konsep utamanya tentu saja adalah warna dan bentuk. Tapi jangan terlalu berani untuk mengusung konsep ini bila lahan yang Anda miliki pada sisi muka rumah Anda berukuran kecil. Bilapun Anda berani mengusung konsep ini, sebaiknya sederhanakan dengan memadukannya menggunakan konsep skandinavia yang sederhana dan simpel.
    Anda bisa menggunakan teras dalam warna netral sebagai elemen utama, dengan dinding-dinding putih atau krem dan jendela-jendela yang lebar. Kemudian padankan dengan kursi, ornamen dan aksesoris ruangan dalam warna yang cerah. Bentuk tentu saja boleh unik tapi tetap pastikan ukuran dan kerampingannya sesuai untuk ukuran teras.
  • Teras gaya tradisional
    Bila di dunia internasional tatanan rustic menjadi favorit banyak orang tampaknya di Indonesia, konsep simpel dari skandinavia yang terkesan ringan menjadi favorit. Tapi ada lagi yang ternyata juga mencuri perhatian, yakni teras dengan gaya tradisional.
    Meski gaya rustic dan tradisional juga mengusung bahan kayu , keduanya jelas sangat berbeda. Dan dari sini, Anda bisa menghadirkan nuansa yang lebih hangat pada hunian dengan memasang teras yang didesain sebagai adaptasi dari rumah joglo atau desain rumah panggung.
    Elemen yang tak kalah mencolok adalah kehadiran ukiran detil yang menghiasi detil dari fasad teras. Ukiran ini kadang sengaja disederhanakan untuk beradaptasi dengan ruangan yang sempit dan terbatas. Padukan dengan ornamen tradisional yang lebih kaya warna dan tamanan sebagai bingkai yang lebih kaya warna dan berbentuk tidak terlalu teratur.

Demikian tadi sejumah inspirasi sederhana untuk Anda yang ingin menemukan sejumlah model teras rumah minimalis modern. Apakah Anda menemukan inspriasi cantik untuk hunian Anda?

(sumber gambar : hipocampo.net)